Kapolres Tanjabtim Sebut Miras yang Diamankan akan Dibawa Pelaku ke Palembang

Kapolres Tanjung Jabung Timur menyebutkan ribuan botol minuman keras yang diamanakan di kawasan Parit 1

Kapolres Tanjabtim Sebut Miras yang Diamankan akan Dibawa Pelaku ke Palembang
tribunjambi/zulkifli
Polres Tanjung Jabung Timur, Selasa (25/9/2018) siang, menggelar konferensi pers terkait kasus penangkapan ratusan dus Minuman Keras berbagai merk luar, di wilayah perairan Kuala Jambi Tanjabtim, pada Sabtu (22/9) lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Kapolres Tanjung Jabung Timur menyebutkan ribuan botol minuman keras yang diamanakan di kawasan Parit 1 Kelurahan Tanjung Solok, Kecamatan Kuala Jambi, Tanjung Jabung, pada Sabtu (22/9) lalu akan dibawa menuju Palembang melewati wilayah Jambi.

Hal itu disampaikan Kapolres Tanjabtim AKBP Marinus Marantika Sitepu, saat press rilis yang digelar di Mapolres Tanjabtim pada Selasa (25/9).

"Dari keterangan kru pompong minuman ini mau didrop di daerah Kuala Jambi kemudian akan dibawa ke Palembang melewati wilayah Jambi," kata Kapolres.

Minuman beralkohol itu diamankan sebanyak 714 dus atau berjumlah 8553 botol miras.

Saat ditanya mengenai nilai minuman itu, Kapolres menyebutkan pihaknya belum bisa menaksir nilainya namun ia membeberkan jika melihat dari jenis minumannya cukup eksklusif dan berkelas.

Begitupun terkait kerugian negara yang diakibatkan penyulundupan Miras itu, pihak Polres masih menunggu keterangan saksi ahli perdagangan.

"Kerugian negara, kita belum bisa mentaksir, karena kita harus periksa saksi ahli dulu dalam hal ini perdagangan," ujar Marinus.

Selain itu, kapolres menyampaikan saat ini telah diperiksa delapan orang saksi, dan belum ada satu orang pun ditetapkan sebagai tersangka.

"Dari keterangan saksi-saksi ini nanti kita kembangkan. Dan untuk lebih mengikat nanti dalam penetapan tersangka akan diperiksa saksi ahli dulu," katanya.

Untuk pasal yang dilanggar, pihak Polres menjerat pelaku dengan pasal 62 ayat 1 Jo Pasal 8 Hurup a Uu Ri No 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara dan atau Pasal 142 Jo Pasal 91 ayat 1 UU RI No. 18 Tahun 2012 Tentang Pangan dengan ancaman hukuman 2 tahun.

Seperti diberitakan Tribunjambi.com, sebelumnya Jajaran Kepolisian Polsek Kuala Jambi, Tanjung Jabung Timur yang di-back up Tim Opsnal Satreskrim Polres Tanjabtim berhasil mengamankan 714 kardus minuman keras (Miras) diduga Ilegal, di Kecamatan Kuala Jambi pada Sabtu (22/9) dini hari.

Minuman dengan berbagai merek tersebut, ditangkap di dua lokasi berbeda. Yakni 1 pompong dan 2 speed boat berisi 460 kardus miras di TPI Desa Majelis Hidayah. Kemudian 2 pompong berisi 255 kardus miras di Parit I Kelurahan Tanjung Solok, yang langsung dibawa ke Polsek Kecamatan Kuala Jambi. (*)

Penulis: Zulkifli
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help