7 Pelaku Dugaan Rudapaksa Bocah di Bawah Umur Terima Vonis, HRG Dihukum 5 Tahun

Tujuh terdakwa kasus dugaan rudapaksa di bawah umur akhirnya menerima vonis majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jambi.

7 Pelaku Dugaan Rudapaksa Bocah di Bawah Umur Terima Vonis, HRG Dihukum 5 Tahun
Tribun Jambi/Rian Aidilfi
Para pelaku yang berlaku keji terhadap seorang remaja di Kota Jambi. Mereka melakukan rudapaksa secara bergiliran. 

Laporan Wartawan Tribunjambi.com, Mareza Sutan A J

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Tujuh terdakwa kasus dugaan rudapaksa di bawah umur akhirnya menerima vonis majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jambi yang dibacakan, Senin (17/9/18) lalu.

Satu di antara tim PH, Ahmad ketika dikonfirmasi mengatakan, tidak ada upaya banding dari terdakwa. "Terima (vonis), tidak ada yang banding," kata dia, Selasa (25/9/18).

Sebelumnya, dia sempat menyatakan pikir-pikir atas vonis yang dijatuhkan majelis hakim PN Jambi tersebut. Namun, karena waktu pengajuan banding telah habis, dia menyampaikan para terdakwa menerima vonis itu.

Untuk diketahui, ketujuh terdakwa tersebut, di antaranya HRG (15), M (17), BKA (16), RD (15), MAA (16), MIS (17), dan MFK (17). Ketujuhnya divonis berbeda oleh majelis hakim PN Jambi dalam sidang tertutup itu.

HRG divonis paling berat dengan hukuman lima tahun penjara. Selanjutnya MIS tiga tahun dan enam bulan, BKA tiga tahun dan enam bulan, RD dua tahun dan enam bulan, MAA dua tahun dan enam bulan, M satu tahun dan enam bulan, dan MFK satu tahun dan enam bulan.

Sebelumnya, ketujuh terdakwa yang diduga melakukan rudapaksa terhadap ACK (15) itu juga dituntut berbeda oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Jambi, Noraida Silalahi.

Terdakwa HRG dituntut paling berat dengan tuntutan delapan tahun. Selanjutnya, terdakwa MIS lima tahun, BKA lima tahun, RD empat tahun, MAA empat tahun, M dua tahun, dan MFK dua tahun.

Atas tuntutan tersebut, tim penasihat hukum (PH) juga telah menyampaikan pledoi di muka persidangan tertutup.

Informasi yang diperoleh, kasus tersebut melibatkan 12 pelaku. Sembilan di antaranya telah diamankan tim Polresta Jambi pada Rabu (8/8/18) di tempat terpisah. Tujuh di antaranya, masih di bawah umur dan divonis majelis hakim, Senin (17/9/18) lalu. Sementara itu, sisanya masih masuk Daftar Pencarian Orang.

Para tersangka terancam dengan pasal 76 Jo 81 Undang-Undang 35 tahun 2014 atas perubahan Undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Ancaman yang mereka terima minimal lima tahun dan maksimal 15 tahun penjara.

Sebelumnya, berkas tujuh dari 12 tersangka dugaan rudapaksa anak di bawah umur tersebut dilimpah ke Kejaksaan Negeri Jambi pada Kamis (23/8/18). Berkasnya dilimpah ke PN Jambi pada Senin (27/8/18).

Penulis: Mareza
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved