Puting Beliung Rusak 6 Rumah Warga di Gunung Tujuh

Saat itu cuaca di wilayah Gunung Tujuh Kerinci diguyur hujan deras dan angin kencang.

Puting Beliung Rusak 6 Rumah Warga di Gunung Tujuh
tribunjambi/heru
Puting beliung terjadi Minggu (23/9) sore di Desa Pengkolan Dua, Kecamatan Gunung 7 Kabupaten Kerinci, mengakibatkan beberapa rumah rusak berat 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI – Angin puting beliung mengamuk di Desa Pengkolan Dua, Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci. Beberapa rumah warga mengalami rusak berat dan ringan akibat hantaman angin kencang itu.

Dari informasi yang didapat, terjangan angin kencang terjadi pada Minggu (23/9) sekitar pukul 16.00 WIB. Saat itu cuaca di wilayah Gunung Tujuh Kerinci diguyur hujan deras dan angin kencang.

Angin puting beliung yang terjadi Minggu (23/9) sore di Desa Pengkolan Dua, Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci, mengakibatkan sejumlah rumah rusak berat
Angin puting beliung yang terjadi Minggu (23/9) sore di Desa Pengkolan Dua, Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci, mengakibatkan sejumlah rumah rusak berat (tribunjambi/heru)

“Menjelang beberapa menit terjadinya hujan deras, tiba-tiba angin mulai kencang. Angin membuat atap rumah warga berterbangan,” ungkap Mbah Tumijan, warga setempat.

Ia mengatakan, saat itu warga memilih tetap di dalam rumah. Warga takut atap rumah yang berterbangan mencederai warga.

Baca: Kronologi Puting Beliung Jogja, Mendadak Langit Gelap Lalu Warga Dengar Suara Gemuruh

“Pada umumnya warga hanya berdiam diri di dalam rumah sambil melihat situasi di luar,” katanya.

Menurutnya, hampir 30 menit angin puting beliung menghantam wilayah Desa Pengkolan Dua, Kecamatan Gunung Tujuh, Kerinci. Angin kecang itu membuat beberapa bangunan seperti rumah warga rusak, atap lepas dan roboh.

Puting beliung yang terjadi Minggu (23/9) sore di Desa Pengkolan Dua, Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci, mengakibatkan sejumlah rumah rusak berat
Puting beliung yang terjadi Minggu (23/9) sore di Desa Pengkolan Dua, Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci, mengakibatkan sejumlah rumah rusak berat (tribunjambi/heru)

“Setelah hujan reda dan angin berhenti, warga langsung melaporkan kejadian itu ke kepala desa dan Babinsa. Sekitar pukul 16.30 WIB, dilaporkan oleh warga yang terkena musibah,” sebutnya.

Setelah dilaporkan kata Mbah Tumijan, pada pukul 17.00 WIB kades dan Babinsa langsung turun ke lokasi kejadian. Bersama warga lainnya, mereka membantu membersihkan dan merapikan bekas atap dan sisa sisa reruntuhan bangunan.

Baca: Puting Beliung Susah Diprediksi Kemunculannya, Hal Ini Yang Selalu Harus Dilakukan Warga

Camat Gunung Tujuh, Nezif Ediyanto dikonfirmasi mengiyakan telah terjadinya angin puting beliung yang menyebabkan beberapa rumah warga rusak berat.

“Benar, kejadiannya sore, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun kerugian diperkirakan sebesar Rp 100 juta," bebernya.

Dalam kejadian tersebut ada enam unit rumah rusak berat. Yakni rumah milik Doni Saputra (30), Rois Prastio (32), Asminar (47), Yusmar (46), Yaskadri (45) dan Katman (43).

Puting beliung terjadi Minggu (23/9) sore di Desa Pengkolan Dua, Kecamatan Gunung 7 Kabupaten Kerinci, mengakibatkan beberapa rumah rusak berat
Puting beliung terjadi Minggu (23/9) sore di Desa Pengkolan Dua, Kecamatan Gunung 7 Kabupaten Kerinci, mengakibatkan beberapa rumah rusak berat (tribunjambi/heru)

Warga yang terkena musibah kata Camat, terpaksa mengungsi. Mereka memilih menumpang di rumah tetangga mereka masing-masing.

“Untuk yang rusak ringan, kita masih melakukan pendataan. Kejadian ini, juga telah kita laporkan ke Pemkab Kerinci dan juga melaporkan langsung ke Bupati Kerinci melalui WA,” jelasnya.

Baca: CUACA EKSTREM - Puting Beliung Hantam Satu Rumah di Gunung Tujuh, Banjir di Sungai Tutung

Senada Kepala BPBD Kabupaten Kerinci, Darifus dikonfirmasi juga mengiyakan adanya peristiwa itu. Ia mengatakan, telah terjadi angin puting beliung di wilayah Kecamatan Gunung Tujuh, mengakibatkan beberapa rumah warga rusak berat.(*)

Penulis: heru
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved