Sama-sama Land Rover, Ini Perbedaan Mobil Inggris yang Ditumpangi Jokowi

Bukan kali pertama Jokowi menaiki Land Rover. Saat peresmian Tol Becakayu November 2017, ia juga menumpangi mobil kebanggaan Inggris itu.

Sama-sama Land Rover, Ini Perbedaan Mobil Inggris yang Ditumpangi Jokowi
Istimewa
Land Rover Series III V8 yang dipakai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widido dan Maruf Amin saat datang ke KPU, Jumat (21/9/2018). 

TRIBUNJAMBI.COM - Calon presiden petahana Joko Widodo dan pasangannya, Ma'ruf Amin datang ke Kantor KPU Jakarta dengan menumpangi Land Rover hijau bernopol B 2747 FK, Jumat (21/9/2018).

Bertolak dari kawasan Tugu Proklamasi, bersama rombongan keduanya datang ke KPU untuk menghadiri pengambilan nomor urut Pemilihan Presiden 2019.

Ini bukan kali pertama Jokowi menaiki Land Rover. Saat peresmian Tol Becakayu November 2017, ia juga tampak menumpangi mobil lawas kebanggaan Inggris itu.

Namun Landy berwarna biru yang dipakai Jokowi di Becakayu berbeda tipe dengan di KPU. Walaupun sama-sama berjenis pikap.

Inilah penampakan mobil Land Rover Defender 110 County yang sempat dinaiki Presiden Joko Widodo. Kendaraan ini merupakan mobil produksi lama yang kemudian diperbaiki hingga akhirnya dapat digunakan saat peresmian Tol Becakayu.
Inilah penampakan mobil Land Rover Defender 110 County yang sempat dinaiki Presiden Joko Widodo. Kendaraan ini merupakan mobil produksi lama yang kemudian diperbaiki hingga akhirnya dapat digunakan saat peresmian Tol Becakayu. (KompasOtomotif/Alsadad Rudi)

Dwiko Rayanto, restorer spesialis Land Rover menyebut, Landy yang dipakai Jokowi ke KPU merupakan tipe Series III Stage One V8 lansiran tahun 1983. Sedangkan saat di Becakayu, Jokowi menumpangi Land Rover Defender tahun 1989.

"Series III V8 ini pendahulunya Defender," kata pemilik bengkel Casablanca Land Rover, Pondok Gede, Jakarta Timur, seperti dikutip dari Kompas.com.

Saat perjalanan ke Kantor KPU, Landy yang Jokowi dan rombongan tumpangi tampak dipasangi lampu hias. Seluruh penumpang, tak terkecuali Jokowi tampak duduk di bak bagian belakang untuk menyapa para pendukungnya.

Calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo-Maruf Amin tiba di gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jumat (21/9/2018) malam menggunakan mobil Land Rover Series tahun 1983.
Calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo-Maruf Amin tiba di gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jumat (21/9/2018) malam menggunakan mobil Land Rover Series tahun 1983. (KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBA)

Land Rover Stage One V8 merupakan mobil 4x4 bermesin V8 3500 cc yang diproduksi pada periode 1979-1985. Stage One inilah yang menjadi awal mula dari kelanjutan pengembangan tahap dua “Stage Two”, atau lebih familiar dikenal dengan One Ten atau Ninety, cikal bakal dari Defender.

"Masa produksinya yang tergolong singkat ini menjadikannya tipe mobil yang termasuk kategori langka dan diburu oleh kolektor," papar Dwiko.

Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved