Dua Caleg Kota Sungai Penuh Mengundurkan Diri

KPU Kota Sungai Penuh saat ini tengah menyusun daftar calon sementara (DCS) untuk ditetapkan

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM, SUNGAIPENUH - KPU Kota Sungai Penuh saat ini tengah menyusun daftar calon sementara (DCS) untuk ditetapkan menjadi daftar calon tetap (DCT).

Sejauh ini dari 237 caleg yang masih DCS sebanyak dua orang mengundurkan diri.

Hal itu diakui oleh Komisioner KPU Kota Sungai Penun, Afrizal ditemui di kantornya, Rabu (19/9). Ia mengatakan, saat ini pihaknya sedag melakukan tahapan penyusunan DCS menjadi DCT.

“Penyusunan tersebut berakhir pada hari ini 19 September. Dan hasil penyusunan DCT akan ditetapkan besok tanggal 20 September,” kata Afrizal.

Diungkapkannya, sebelum menetapkan DCT, KPU kota Sungai Penuh akan meminta persetujuan dari partai politik terhadap DCT yang akan ditetapkan. Hal itu untuk memastikan tidak ada caleg dipersoalkan lagi oleh pihak parpol yang bersangkutan.

“Dalam penyusunan DCS menjadi DCT, kita (KPU) kota Sungai Penuh menemukan beberapa kendala. Di antaranya ada caleg yang mengundurkan diri langsung melalui KPU,” ujarnya.

Padahal ujarnya, menurut mekanismenya caleg tersebut harus mengundurkan diri melalui partai politiknya terlebih dahulu. Baru kemudian partai politiknya yang mengkonfirmasi pihak KPU terkait pengunduran diri caleg mereka.

“Ada 2 caleg yang mengundurkan diri oleh partai politik. Yakni dari partai PKI dan PKB. Selanjutnya KPU Kota Sungai Penuh akan mencoret dua nama caleg tersebut dalam penyusunan DCT,” ungkapnya.

Dijelaskannya, DCS kota Sungai Penuh saat ini berjumlah 237 orang, terdiri dari 150 laki- laki dan 87 perempuan. Di kota Sungai Penuh terdapat tiga dapil, dapil 1 terdapat 98 calon, dapil 2 ada 87 calon, dan dapil 3 ada 52 calon.(*)

Penulis: heru
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved