30 Persen Koperasi di Sungai Penuh Tak Sehat

Ada 149 koperasi di Kota Sungai Penuh yang telah berbadan hukum. Namun dari jumlah tersebut

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM, SUNGAIPENUH – Ada 149 koperasi di Kota Sungai Penuh yang telah berbadan hukum. Namun dari jumlah tersebut, 30 persen tak sehat atau mati suri.

Hal itu disampaikan oleh kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kota Sungai Penuh, Abrardani ditemui di ruang kerjanya, Senin (17/9).

“Jumlah koperasi di Kota Sungai Penuh kalau yang berbadan hukum sebanyak 149 koperasi,” kata Abrardani.

Dari jumlah tersebut ujarnya, sebanyak 70 persen dalam keadaan sehat atau berjalan dengan baik. Sementara sebanyak 30 persen dalam keadaan sakit atau tak ada kegiatan.

“Yang sakit itu pada umumnya disebabkan kepengurusan yang tidak aktif,” ungkapnya.

Terkait hal itu ujarnya, pihaknya terus melakukan pembinaan, turun ke lapangan melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya koperasi.

“Untuk pengurus koperasi itu memang harus orang yang profesional. Jika tidak maka koperasinya bisa tidak jalan,” jelasnya.

Sejauh ini lanjutnya, koperasi yang ada tersebut sangat membantu para anaggotanya. Terutama untuk simpan pinjam dalam melakukan usaha para anggotanya.

“Umumnya koperasi yang ada ini bergerak di bidang simpang pinjam,” sebutnya.

Ia menyebutkan, kedepan selain terus melakukan pembinaan mereka juga mengajak agar koperasi tidak hanya bergerak di bidang simpang pinjam saja. Namun untuk kegiatan yang lain juga diharapkan bisa dikembangkan.

“Banyak manfaatnya kelau dikelola dengan baik. Bukan saja untuk simpan pinjam saja tapi untuk yang lain juga bisa,” terangnya.

Di Kota Sungai Penuh yang tidak memiliki lahan pertanian yang luas memang menghidupkan dunia usaha. Untuk itu semua usaha yang ada di masyarakat terus ditingkatkan sebagai sumber ekonomi warga.(*)

Penulis: heru
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help