106 SD di Batanghari, Baru 7 yang Penuh Menerapkan K13

Sekolah di Batanghari telah menerapkan secara penuh kurikulum 13 (K13).

106 SD di Batanghari, Baru 7 yang Penuh Menerapkan K13
Tribun Jambi/Abdullah Usman
Disdikbud Batanghari telah melatih 424 guru untuk pengaplikasian K13 di sekolah. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Abdullah Usman

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BULIAN - Sekolah di Batanghari telah menerapkan secara penuh kurikulum 13 (K13). Namun belum semua kelas sepenuhnya menerapkan K13. 

"Meski pada tahun 2018 ini seluruh sekolah telah melaksanakan kurikulum 13 seratus persen, hanya saja belum semua kelas full mengikuti K13, karena dilaksanakan secara bertahap untuk penerapan setiap kelas di sekolah," ujar Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Batanghari, Wasto, Senin (17/9).

Data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Batanghari, 2018 ini ada 106 SD untuk kelas I dan IV yang telah menerapkan K13. Namun, baru tujuh sekolah yang menetapkan K13 secara penuh dalam proses belajar mengajar.

"160 tersebut merupakan data tambahan, dari tahun sebelumnya jumlah sekolah yang mengikuti K13 dari jumlah sekolah 240 terdiri dari SD dan SMP, dengan demikian secara keseluruhan sekolah seratus persen melaksakan K13," jelasnya.

Wasto optimis semua sekolah akan menerapkan K13 secara penuh sebelum 2020. "Kalau kita siap terlakasana untuk sekolah di Batanghari, hingga optimal," katanya.

Untuk memaksimalkan penerapan K13, Disdikbud Batanghari telah melatih 424 guru untuk pengaplikasian K13 di sekolah. Pelatihan ini kata Wasto untuk kelas rendah, kelas tinggi, guru agama dan kepala sekolah SD.

Sementara untuk tingkat SMP seluruh bidang studi termasuk kepala sekolah, totalnya ada 76 guru.

"Dengan demikian Diknas berharap guru yang dilatih dapat mengoptimalkan lagi pelaksanaan kurikulum ini di sekolah," katanya.

Penulis: Abdullah Usman
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved