Petani Padi Desa Simpang Datuk, Berharap Pemerintah Bangun Embung

Hal itu diungkapkan petani dan PPL Saat Bupati Tanjabtim berkunjung ke desa itu, untuk melakukan panen raya pada Sabtu (15/9).

Petani Padi Desa Simpang Datuk, Berharap Pemerintah Bangun Embung
Tribun Jambi/Zulkifli
Petani Padi Di Desa Simpang Datuk Berharap Di Bangun Embung ditempat mereka 

 Laporan Wartawan Tribun Jambi Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Sumber cadangan air dari embung saat ini sangat dibutuhkan oleh para petani padi di Desa Simpang Datuk, Kecamatan Nipah panjang Kabupaten Tanjabtim. Para petani padi di desa itu berharap pemerintah kabupaten dapat membangunkan embung di areal lahan pertanian mereka..

Petani dan PPL setempat optimis keberadaan embung di daerah lumbung padi Tanjabtim tersebut nantinya diyakini dapat membantu petani melaksanakan musim tanam dan panen tiga kali setahun.

Baca: Serangan Keong, Petani Padi di Muarojambi Diimbau Pasang Tiang Kayu di Sudut Sawah

Hal itu diungkapkan petani dan PPL Saat Bupati Tanjabtim berkunjung ke desa itu, untuk melakukan panen raya pada Sabtu (15/9).

Satu diantara PPL Pertanian di desa Simpang Datuk Usep Menyebutkan, Produktivitas pertanian warga akan sangat terbantu dengan adanya pengairan yang baik. Dalam kalkulasinya kurangnya air membuat para petani hanya mampu panen sekali dalam setahun, dan Embung Merupakan salah satu solusi untuk membuat para petani mampu panen tiga kali dalam setahun.

"Kalau sekarang kan petani hanya menanam padi mengikuti musim, dan itu hanya bisa satu kali dalam setahun saja," kata Usep.

Baca: Tak Terdampak Kemarau, Sistem Irigasi Selamatkan Padi Petani Tanjab Timur

Usep berharap, Pemkab Tanjabtim dapat bekerjasama dengan pihak Taman nasional Berbak yang lokasinya kebetulan berdekatan dengan lahan pertanian padi di desa Simpang Datuk untuk segera membuatkan Embung.

"Kami harap ini bisa terealisasi, agar produktivitas petani di desa Simpang Datuk ini dapat meningkat," harapnya.

Baca: Awalnya Dikira Penipuan, Murni Dapat Emas 10 Gram dari Yamaha

Sementara Bupati Tanjung Jabung Timur, Romi Hariyanto berjanji dan berkomitmen segera mencari lokasi dan akan melakukan pembuatan Embung di desa Simpang Datuk pada tahun depan.

"Jika itu yang dibutuhkan oleh petani supaya produktivitasnya meningkat, saya akan bangunkan embung tahun depan, tapi terlebih dahulu lokasinya harus dicari yang pas," kata Romi.

Baca: Penyaluran PKH di Batanghari Tidak Tepat Sasaran, Dinsos Sebut Ada Kesalahan Teknis

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh pihak dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura kabupaten Tanjung Jabung Timur, desa Simpang Datuk Kecamatan Nipah Panjang memiliki lahan pertanian padi seluas 615 hektar lahan tersebut tersebar pada 8 kelompok tani.(*)

Penulis: Zulkifli
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help