BI Ajak dan Edukasi Masyarakat Jambi, Lewat Kampanye Gerbang Pembayaran Nasional

Dikatakanya terdapat lima manfaat yang didapat oleh masyarakat yang menggunakan kartu berlogo GPN.

BI Ajak dan Edukasi Masyarakat Jambi, Lewat Kampanye Gerbang Pembayaran Nasional
tribunjambi/fitri
BI Sosilasisasikan Gerbang Pembayaran Nasional di Telanaipura, Minggu (16/9) ke masyarakat 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Fitri Amalia

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi mengkampanyekan Gerbang Pembayaran Nasional, Minggu pagi (16/9) di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Telanaipura.

Dalam acara kampanye GPN, ada 35 stand bank, baik bank konvensional maupun bank syariah yang ikut menyemarakkan GPN yang diselenggarakan BI Provinsi Jambi.

Pelaksanaan Kampanye GPN di Provinsi Jambi, merupakan batch 3 yang sebelumnya telah dilaksanakan di beberapa kota yaitu Medan, Pekanbaru, Palembang, Batam, Padang, dan kota-kota besar lainnya untuk batch 1 serta Lampung, Malang, Samarinda, dan kota-kota lainnya untuk batch 2.

BI Sosilasisasikan Gerbang Pembayaran Nasional
BI Sosilasisasikan Gerbang Pembayaran Nasional (tribunjambi/fitri)

Selain acara kampanye GPN, BI Provinsi Jambi juga mengadakan kegiatan senam sehat bersama, doorprize dan game-game menarik. Kegiatan ini juga disisipkan sosialisasi mengenai GPN dan sosialisasi CIKUR.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Bayu Martanto dalam sambutannya mengatakan, kegiatan GPN dalam rangka mewujudkan sistem pembayaran yang lancar aman, efisien, dan andal serta dengan memperhatikan perkembangan informasi, komunikasi, teknologi, dan inovasi yang semakin maju, kompetitif, dan terintegrasi.

Baca: Pernah Bertempur Lawan Nazi, Ini Kemampuan Mengerikan Idjon Djanbi Komandan Pertama Kopassus

Maka kebijakan sistem pembayaran nasional perlu diarahkan pada pembangunan ketahanan, pengembangan yang terintegrasidan berkesinambungan, serta peningkatan daya saing.

Hal tersebut kata dia, termasuk salah satu tugas Bank Indonesia, yaitu mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran.

Baca: Seorang Ulama Caci Maki TGB, Maruf Amin dan Megawati, Kapitra Ampera: Kurang Ajar Ini yang Ngomong

"Sasaran GPN yaitu menciptakan ekosistem interkoneksi (saling terhubung), interoperabel (saling dapat beroperasi), dan mampu melaksanakan pemrosesan transaksi pembayaran ritel domestik yang aman, efisien, andal, dan lancar," jelasnya.

Untuk itu, diperlukan penataan infrastruktur, kelembagaan, instrumen, dan mekanisme pembayaran nasional dalam suatu tatanan yang mampu memproses seluruh transaksi pembayaran ritel domestik secara interkoneksi dan interoperabilitas.

Baca: Dampak Rupiah Anjlok, Pengrajin Batik di Sarolangun Banyak Pilih Gulung Tikar

Halaman
123
Penulis: fitri
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help