5 Titik Panas Terpantau di Merangin, BPBD Menduga Sengaja Dibakar Warga

Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi memantau ada lima titik panas (hotspot) di Kabupaten Merangin.

5 Titik Panas Terpantau di Merangin, BPBD Menduga Sengaja Dibakar Warga
ist
Titik panas di Jambi 

Laporan Wartawan Tribunjambi Muzakkir

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO -- Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi memantau ada lima titik panas (hotspot) di Kabupaten Merangin.

Lima titik tersebut berada di beberapa wilayah di antaranya tiga di Sungai Tenang, satu titik di Tabir Ilir, dan satu titik di Siau.

Kepala BPBD Kabupaten Merangin Mardansyah Saidi mengatakan bahwa titik api tersebut diduga kuat berasal dari pembakaran hutan yang dilakukan oleh warga setempat.

"Lokasinya jauh dari pemukiman warga," kata Mardansyah, Minggu (16/9) siang.

Mendapat kabar ada titik api di wilayah Merangin, tim BPBD Kabupaten Merangin langsung turun ke lapangan untuk mengecek titik api.

Meski turun ke lokasi, namun petugas tidak membawa peralatan memadamkan khusus, sebab dugaan mereka hotspot yang terpantau tersebut merupakan lahan yang sengaja dibakar dengan luas tidak terlalu besar.

"Tim hanya turun menggunakan sepeda motor," imbuhnya.

Hingga saat ini, dirinya belum mendapatkan informasi terkait hasil pantauan petugas yang turun ke lapangan, sebab lokasi di tempat titik api tersebut tidak terdapat signal handphone.

"Telpon petugas yang turun tidak aktif. Mungkin tidak punya signal, sebab lokasi mereka jauh," pungkasnya. 

Penulis: muzakkir
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help