Tiga Ekor Gajah Sumatera Akan Dipindahkan ke Hutan Harapan, 28 Instansi Dilibatkan

Tiga ekor Gajah Sumatra (Elephas maximus sumatranus) akan di pindahkan ke Lanskap Hutan Harapan PT REKI

Tiga Ekor Gajah Sumatera Akan Dipindahkan ke Hutan Harapan, 28 Instansi Dilibatkan
(KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO)
Ilustrasi: Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) jinak milik Elephant Response Unit di kamp Tegal Yoso, Taman Nasional Way Kambas, Lampung Timur, Sabtu (29/8/2017). Gajah-gajah jinak milik Elephant Response Unit dilatih untuk digunakan mengatasi konflik gajah liar dengan warga di sekitar kawasan hutan Taman Nasional Way Kambas. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Dedy Nurdin

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Tiga ekor Gajah Sumatra (Elephas maximus sumatranus) akan di pindahkan ke Lanskap Hutan Harapan PT REKI.

Dalam workshop translokasi gajah Sumatera dari Lanskap Bukit Tigapuluh ke PT. REKI yang dilaksanakan BKSDA Jambi pada Kamis (13/9/2018), direncanakan akan dilakukan pada tanggal 25 September 2018 kendatang.

Seperti terlihat dalam Workshop tersebut, sebanyak 28 instansi akan dilibatkan untuk proses Translokasi tiga ekor gajah tersebut.

Dua diantaranya merupakan gajah jantan yang mendiami kawasan hutan Nasional Bukit Tigapuluh, Kabupaten Tebo.

Sementara satu gaja Bentina bernama Karina dari Kabupaten Bungo juga akan di pindah.

Dikatakan Rahmad Saleh, kepala Balai KSDA Jambi Translokasi ini dilakukan untuk menghindari perkawinan sedarah dari gajah jantan yang mulai dewasa.

Banyaknya gajah jantan yang mulai tumbuh dewasa menjadi pemicu seringnya hewan terancam punah menjelajah jauh dari kelompok hingga masuk ke perkebunan warga.

"Pada gajah ada fase dispersial mekanisme biologis atau fase dari gajah jantan remaja menjadi dewasa sehingga dikhawatirkan terjadi perkawinan sedarah," katanya.

Alasan pemindahan gajah ke lanskap hutan harapan PT REKI dikarenakan masih memungkinkannya gajah untuk dipindahkan kesana.

"Di Reki ada tujuh ekor, dan pertimbangannya karna daya dukung untuk pertumbuhan gajah disana masih cukup baik," katanya.

Direncanaman proses translokasi gajah ini akan memakan waktu selama 10 hari. Untuk memudahkan rencana tersebut akan didatangkan empat ekor gajah dari Riau.

Penulis: Dedy Nurdin
Editor: bandot
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved