Warga Sukarela Serahkan Kucing Hutan ke Petugas TNKS

Petugas Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I BBTNKS mengamankan seekor Kucing Hutan

Warga Sukarela Serahkan Kucing Hutan ke Petugas TNKS
tribunjambi/herupitra
Kucing Hutan berjenis kelamin jantan berumur 7 bulan ini diserahkan oleh warga ke balai TNKS secara sukarela. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Petugas Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I BBTNKS mengamankan seekor Kucing Hutan (Felidae Prionailurus bengalensis) yang dipelihara oleh Desa Sungai Jernih Kecamatan Pondok Tinggi Kota Sungai Penuh.

Kucing Hutan berjenis kelamin jantan berumur 7 bulan ini diserahkan oleh warga secara sukarela.

Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I BBTNKS, Nurhamidi membenarkan hal itu. Ia mengatakan, penyerahan hewan yang dilindungi itu dilakukan beberapa waktu lalu.

"Setelah diserahkan oleh warga secara sukarela, hewan tersebut kini telah kita serahkan kembali ke Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Jambi," ungkap Nurhamidi, Rabu (12/9).

Katanya, setelah diserahkan kucing hutan tersebut dibawa ke PPS kantor SKW-I BKSDA Jambi yang berada di Kabupaten Merangin Bangko.

Setelah tiba di PPS, Kucing langsung dilakukan pengecekan kondisi kesehatannya oleh dokter hewan Dinas Peternakan Kabupaten Merangin.

"Hasil pemeriksaan dokter, kucing hutan dianjurkan utk dirawat secara intensif kurang lebih 2 bulan sebelum dilepasliarkan ke habitatnya di alam, karena kucing saat inibmengalami stress ringan sehingga tidak mau makan," jelasnya.

PPS sebutnya merupakan tempat transit satwa penyerahan dari masyarakat atau sitaan yang dilindungi Undang-undang. Selain itu juga tempat untuk merawat satwa yang bersifat sementara.

"Ketika satwa di PPS telah dinyatakan sehat oleh dokter hewan, langsung kami akan lepasliarkan ke alam, agar berkembang biak secara alamiah dan populasinya meningkat di habitatnya," ungkapnya. (*)

Penulis: heru
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved