Kucing Hutan Sering Dimanfaatkan Sebagai Peliharaan Secara Ilegal

Petugas Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I BBTNKS mengamankan seekor Kucing Hutan

Kucing Hutan Sering Dimanfaatkan Sebagai Peliharaan Secara Ilegal
tribunjambi/herupitra
Kucing Hutan berjenis kelamin jantan berumur 7 bulan ini diserahkan oleh warga ke balai TNKS secara sukarela. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Petugas Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I BBTNKS mengamankan seekor Kucing Hutan (Felidae Prionailurus bengalensis) yang dipelihara oleh warga.

Kucing hutan itu dari genus Prionailurus, spesies Prionailurus bengalensis sumatranus Horsfield 1821.

Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I BBTNKS, Nurhamidi menyebutkan, kucing hutan Sumatera memiliki wilayah sebaran di Pulau Sumatera khususnya menempati habitat pada wilayah Provinsi Jambi.

Katanya, ciri satwa jenis kucing hutan Sumatera ialah memiliki ukuran tubuh yang sedikit lebih besar dari jenis-jenis kucing domestik lainnya.

Bulu pada tubuhnya pendek dan halus dengan warna kuning kecokelatan dengan ciri khas pada bagian kepala sampai ekor berbelang hitam.

"Satwa jenis ini merupakan spesimen yang dilindungi undang-undang sesuai permenlhk no.20 tahun 2018 ttg TSL jenis dilindungi yg merupakan pembaharuan dr lampiran PP.7 tahun 1999 ttg pengawetan jenis tumbuhan dan satwa," ungkapnya.

Namun demikian sebutnya, pada beberapa kasus satwa jenis ini kerap dimanfaatkan sebagai hewan peliharaan secara illegal. Sebab ditangkap pada areal kebun milik masyarakat.

"Hal ini juga tidak terlepas dengan hilangnya habitat maupun degradasi pada wilayah yang sebelumnya berhutan menjadi wilayah perkebunan masyarakat," jelasnya.

Untuk itu tegasnya, perlu adanya peningkatan pengawasan lintas sektoral dalam rangka perlindungan dan pengawetan terhadap jenis kucing hutan sumatera ini. Yakni dengan sosialisasi penyadartahuan kepada masyarakat luas.(*)

Penulis: heru
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved