Berkah Naiknya Dolar, Penjualan Emas Antam di Jambi Meningkat

Melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS selama dua pekan terakhir membawa berkah

Berkah Naiknya Dolar, Penjualan Emas Antam di Jambi Meningkat
tribunjambi/fitri amalia
Toko emas di Jambi 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Fitri Amalia

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS selama dua pekan terakhir membawa berkah bagi penjual emas di pasar Jambi karena penjualan emas Antam meningkat.

Hal ini berlaku sejak dolar AS tembus hingga Rp 15 ribu, harga emas di Jambi naik mencapai 10 persen.

"Sebagian masyarakat kebanyakan lebih memilih untuk membeli emas antam, untuk seminggu terakhir penjualan emas antam saja sudah 1 kg," kata Ikhsan, Pedagang Toko emas Sumatera.

Dikatakannya tujuan pembeli digunakan sebagai simpanan meski kondisi rupiah melemah. "Antam pecahan 1 gram kini seharga Rp 640 ribu sedangkan untuk 10 gram harganya Rp 6,3 juta," ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini pergerakan harga emas cenderung fluktuatif dan naiknya harga emas tersebut tidak mempengaruhi aktifitas jual beli emas di pasar masih berjalan stabil.

Ia juga mengatakan, untuk jenis emas logam mulia yang sebelumnya seharga Rp 3,7 juta menjadi Rp 3,8 juta. Sedangkan harga emas murni sebelumnya Rp 3,5 juta menjadi Rp 3,6 juta. Harga emas 70 persen sebelumnya Rp 380 ribu menjadi 390 ribu dan emas 75 persen dari harga Rp 420 ribu menjadi Rp 430 ribu.

Hal senada juga di ungkapkan Daus, pemilik salah satu toko mas di pasar jambi, bahwa terjadi lonjakan harga emas akibat melemahnya rupiah dan kenaikan terjadi sangat cepat, yang dari awalnya Rp 560 ribu pergram sekarang hampir menembus Rp 600 ribu pergram.

"Kan harga emas juga dipengaruhi harga dolar, saat ini dolar naik ya ikut naik juga harga emas," tuturnya.

Tags
Antam
Penulis: fitri
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved