PN Muara Bulian Pastikan Putusan Kasus Cabul di Bawah Umur Minggu Ini Kelar

Pengadilan Negeri Muara Bulian jadwalkan dalam minggu ini kasus pencabulan anak di bawah umur

PN Muara Bulian Pastikan Putusan Kasus Cabul di Bawah Umur Minggu Ini Kelar
tribunjambi/abdullah usman
Kejari Batanghari menerima berkas tahap dua kasus pencabulan yang dilakukan Tersangka AA (16) Warga Pasar Baru Muara Bulian, terhadap tertangganya yang masih berusia 8 tahun pada 27 Juli silam. AA usai menjalani pelimpahan oleh Penyidik polres Batanghari ke JPU Kejari Batanghari. Senin (20/8/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Abdullah Usman

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BULIAN - Pengadilan Negeri Muara Bulian jadwalkan dalam minggu ini kasus pencabulan anak di bawah umur harus putusan, sebelumnya terdakwa AA (16) dituntut hukuman di bawah 10 tahun.

Pada sebelumnnya tuntutan terhadap terdakwa kasus pencabulan anak dibawah umur sudah dilakukan pada jumat (28/8), dengan tuntutan JPU dibawah 10 tahun. Mengingat kasus ini bukan perkara pemerkosaan hanya pencabulan sehingga tuntutan lebih ringan dari perkara perkara sebelumnya.

"Untuk perkara pencabulan ini memang dipercepat prosesnya, besok Rabu dijadwalkan pembelaan. Intinya minggu ini harus sudah putusan," ujar Humas Pengadilan Negeri Muara Bulian, Listyo Arif Budiman, SH, Selasa (4/9) kepada tribunjambi.com

Perkara kasus pencabulan dengan tersangka berinisial AA (16) warga RT 10 Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Muara Bulian telah memasuki persidangan.

Sebelumnya sidang dengan agenda tuntutan pada pekan lalu. Sidang akan dilanjutkan dengan agenda pembelaan pada Rabu (5/9) besok.

"Iya sidang tuntutan sudah. Jumat lalu tanggal 31 Agustus 2018. Dengan Ketua Majelis Hakim Derman P Nababan yang didampingi oleh Hakim Anggota Listyo Arif Budiman, SH dan Ultry Meilizayeni, SH, MH dan Jaksa Penuntut umum (JPU) Novita Elnaresa, SH," ujar Listyo.

Lebih lanjut dikatakannya pula, mengenai lamanya tuntutan dari pihak JPU, Listyo tidak mengetahui pasti berapa lama tuntutan tersebut kemungkinan dibawah 10 tahun.

"Yang jelas di bawah 10 tahun tuntutannya. Kalian coba koordinasi dengan pihak JPU juga," ujarnya kepada tribunjambi.com.

Sementara itu, JPU Kejari Batanghari Novita Elnaresa, SH saat dikonfirmasi tribunjambi.com, mengatakan hal yang sama dari hasil sidang tuntutan yang berlangsung jumat lalu untuk tuntutan JPU selama Tujuh tahun.

"Iya, sidang tuntutannya berlangsung Jumat lalu. Tuntutannya yujuh tahun penjara," ujar Elnaresa.

Diberitakan sebelumnya, tersangka AA dijerat Pasal 82 ayat 1 UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak.

"Kalau ancaman maksimal 15 tahun. Tapi karena dia anak dibawah umur, maka ancaman dikurangi setengah dari itu jadi 7,5 tahun," jelas Resa, Senin (20/8) lalu. (usn)

Tags
pencabulan
Penulis: Abdullah Usman
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved