25 Persen Kepala Desa di Kerinci Dijabat Pjs

Dari sebanyak 285 desa yang ada di Kabupaten Kerinci, ada sebanyak 25 persen diantaranya kepala desanya telah habis masa

25 Persen Kepala Desa di Kerinci Dijabat Pjs
TRIBUNJAMBI/HENDRI DEDE PUTRA
Rapat pemantapan Pilkades yang berlangsung di ruang Utama kantor Bupati Kerinci, pada Senin (17/10). 

Laporan Wartawan Tribunjambi.com Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Dari sebanyak 285 desa yang ada di Kabupaten Kerinci, ada sebanyak 25 persen diantaranya kepala desanya telah habis masa jabatan dan telah ditunjuk Pejabat Sementara (Pjs) yang menggantinya.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa kabupaten Kerinci, Hasferi Akmal. Dia mengatakan, dari data dinas PMD Kerinci selama tiga tahun yakni tahun 2016, 2017 dan Agustus 2018 Kades yang habis masa jabatannya sebanyak 44 desa.

Baca: 10 Pelaku PETI di Renah Pembarap Diduga Tertimbun, Petugas Polres Merangin Masih Menuju Lokasi

"Ya, kalau sampai Agustus hanya 44 desa. Tapi kalau dilihat SKnya sampai dengan bulan Desember 2018 ini ada sebanyak 68 desa yang habis jabatanya, jika dipersentasekan sekitar 25 persen desa," jelasnya.

Namun lanjutnya, pada 2018 ini juga ada beberapa kades yang telah mengundurkan diri dari jabatannya. Yakni karena mencalonkan diri menjadi Bacaleg DPRD Kerinci tahun 2019 mendatang.

"Kalau tidak salah ada sekitar 8 Kades yang mundur karena jadi Caleg. Jadi kalau ditotalkan jabatan kades ditambah 8 desa itu maka desa yang dijabat Pjs 76 desa," sebutnya.

Lantas kapan akan dilaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di kabupaten Kerinci ? Kata Hasferi, dirinya telah berkoordinasi tim TAPD untuk dilaksanakan Pilkades tahun 2018. Namun, belum bisa dilaksanakan.

"Kita sudah menyampaikan kepada ke TAPD kabupaten, minta untuk 2018 ini dilaksanakan, kata Pak Evi akan dilaksanakan 2019 setelah Pileg dan Pilres, karena tahun ini belum bisa dilaksanakan disebabkan anggaran," ujarnya.

Baca: Sekda Hadiri Rapat Koordinasi di Provinsi Jambi Bahas Penanganan SAD Sebagai Warga Negara

Baca: Ada Pencabutan SKCK Yang Tidak Diberitahukan KPU, PBB Jambi Kecewa

Jika Pilkades serentak dilaksanakan pada tahun 2019 mendatang, maka akan bertambah desa di Kabupaten Kerinci yang akan habis masa jabatannya.

"Kalau sampai 2019 mendatang kemungkinan desa yang kosong jabatan kadesnya mencapai 90 desa," pungkasnya.

Penulis: heru
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved