Tantangan 'Highlander', Penampakan Puncak Gunung Rinjani via Google Maps, Jalur Pendakian Ditutup

Di Google Maps, Gunung Rinjani memiliki pemandangan elok. Ada Danau Segara Anakan yang terlihat biru semburat hijau.

Tantangan 'Highlander', Penampakan Puncak Gunung Rinjani via Google Maps, Jalur Pendakian Ditutup
Penampakan puncak Gunung Rinjani di Google Maps. 

TRIBUNJAMBI.COM - Jalur pendakian Gunung Rinjani masih masih ditutup sampai saat ini. Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani, Sudiono, mengatakan jalur ditutup untuk waktu yang belum bisa ditentukan.

Penutupan jalur itu lantaran gempa bumi masih kerap mengguncang Pulau Lombok. Gempat itu berakibat longsor di lereng Gunung Rinjani, sebagaimana dilansir kompas.com

"Saya kira lebih meyakinkan kita ke depan, penutupannya bisa lebih lama lagi," kata Sudiono saat dihubungi Kompas.com, Minggu (19/8/2018).

Dia mengatakan, kejadian gempa bumi yang kerap mengguncang Lombok mengakibatkan hampir di semua kawasan pendakian Gunung Rinjani terjadi longsor meskipun berskala kecil.

Topografi Rinjani yang bergunung-gunung dan struktur tanah yang terdiri dari pasir, batu dan krikil mengakibatkan kawasan ini mudah sekali terkena longsor karena ikatannya tidak kuat.

"Tidak aman untuk pendakian. Sangat berisiko. Kami tunggu sampai stabil sampai menunggu kajian," ungkap Sudiono.

Saat ini, seluruh jalur pendakian Gunung Rinjani masih ditutup sementara. Pihaknya belum bisa memastikan kapan jalur pendakian akan dibuka kembali.

"Pintu-pintu (pendakian) sudah kami tutup, sudah kami bikin palang begitu ada tulisan baliho bahwa pendakian ditutup. Petugas kami juga kena bencana mereka pasti mengurus keluarga semua. Kalau ada orang mendaki itu berarti cari masalah. Karena yang antar pun tidak ada. Guide saja yang biasa ngantar dibayar juga enggak mau," kata Sudiono.

Baca: Ini 7 Pesepakbola Kelas Dunia yang Ucapkan Selamat Idul Adha, Ada yang Unggah Foto Saat Bersujud

Baca: Edit Foto Cucu Jokowi, Jan Ethes, Kaesang Pangarep: Maap Maap lho Mas, Mirip Banget Ama Hero ML

Baca: Penemuan The Lost Ganesha Ukuran Raksasa dan Lenyapnya Kampung Gepolo di Prambanan

Rinjani di Google Maps

Gunung Rinjani berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Ini merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut. Posisi Gunung rinjani pada lintang 8º25' LS dan 116º28' BT.

Halaman
1234
Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help