Baru 22% Fakultas Kedokteran di Indonesia yang Terakreditasi A

Pendidikan kedokteran sebagai bagian dari pendidikan tinggi selalu mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah

Baru 22% Fakultas Kedokteran di Indonesia yang Terakreditasi A
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM- Pendidikan kedokteran sebagai bagian dari pendidikan tinggi selalu mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah, terutama sejak terbitnya UU No.20/2013 tentang Pendidikan Kedokteran.

Pendidikan Kedokteran bertujuan menghasilkan dokter profesional dan kompeten untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Selain itu, pendidikan kedokteran juga bertujuan meningkatkan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kedokteran.

1. Tiga tantangan pendidikan kedokteran

Pada era revolusi industri 4.0, pendidikan kedokteran memiliki tantangan baru untuk menerapkan tiga literasi baru, yaitu data, teknologi, dan kemanusiaan.

Dengan menguasai 3 hal tersebut para lulusan kedokteran diharapkan mampu beradaptasi dan mampu memenuhi kebutuhan nasional dan global.

Direktur Penjaminan Mutu Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Aris Junaidi memaparkan potret pendidikan kedokteran di Indonesia setelah empat tahun implementasi UU No.20/2013 hingga akhir 2017, Indonesia memiliki 83 Fakultas Kedokteran dengan disparitas kualitas di seluruh wilayah Indonesia.

Baca: (VIDEO) Ketika Via Vallen Berhasil Buat Presiden Jokowi Goyang Dayung Lihat Reaksi Ibu Iriana. . .

Baca: Viral Anak Aniaya Ibu Dengan Cara Sadis, Pakai Obeng. . .

Baca: Heboh! Kondom Berserakan di Areal Pemakaman, Yakin Kalau Pasangannya Manusia?

Berdasarkan data status akreditasi prodi kedokteran dari LAM-PTKes, terdapat 22 prodi terakreditasi A (27 %), 37 prodi terakreditasi B (44 %), dan 24 prodi terakreditasi C (29 %).

2. Hasil uji kompetensi lulusan

Selain status akreditasi, parameter kualitas Fakultas Kedokteran tercermin dari hasil Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD).

Halaman
12
Editor: rida
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved