Tawarkan Dana Swakelola Rp500 Juta, Pelaku Penipuan Mengincar Kepala Desa di Tanjab Timur

Melalui telepon seluler, pelaku mengicar para kepala desa (Kades) untuk menawarkan dana swakelola desa berjumlah Rp500 juta diluar RPJMDes.

Tawarkan Dana Swakelola Rp500 Juta, Pelaku Penipuan Mengincar Kepala Desa di Tanjab Timur
KONTAN/MURADI
07052016_Ilustrasi penipuan 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Aksi penipuan yang mengaku salah satu pejabat di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) marak terjadi di Tanjabtim.

Melalui telepon seluler, pelaku mengicar para kepala desa (Kades) untuk menawarkan dana swakelola desa berjumlah Rp500 juta diluar RPJMDes.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Tribunjambi.com, beberapa desa di Tanjabtim telah menjadi korban aksi penipuan tersebut. Diantaranya Kepala Desa Pandan Lagan, Kecamatan Geragai, Winarno Erwin.

Baca: Polri Rombak Pejabat 62 Perwira Tinggi dan Menengah, 9 Kapolda Diganti

Menurut Winaro, beberapa waktu yang lalu mungkin karena sudah ada korban, penelpon kembali menelpon Kades Pandan Lagan ini untuk menawarkan dana Swakelola Rp500 juta diluar RPJMDes tersebut untuk dikelola oleh desa.

Mendengar tawaran itu, Kades Pandan Lagan langsung menolak tawarannya. Karena ia mengetahui kalau Sekda Tanjabtim tidak mempunyai asisten pribadi. Selain itu, jika Pemerintah desa mendapatkan dana Swakelola, harus memenuhi aturan yang telah ditentukan.

“Tidak seperti ini caranya. Karena pemerintah desa juga mempunyai aturan terkait dengan penerimaan dan pengelolaan dana Swakelola,” sebut Winarno Erwin, kepada Tribunjambi.com Selasa (14/8) .

Baca: Tayangan Program Hitam Putih Ditegur KPI Pusat, Ini Tanggapan Deddy Corbuzier

Dalam durasi kurang lebih 15 menit, penelpon yang menggunakan nomor Telkomsel itu sedikit bernada memaksa agar Kades Pandan Lagan menerima tawarannya. Jika disetujui, prosesnya harus diselesaikan pada hari itu juga.

“Pak kades mau tidak, kalau pak kades bisa, harus hari ini. Karena untuk Kecamatan Geragai, cuma di Desa Pandan Lagan yang mendapatkannya,” kata Winarno Erwin, menirukan suara penelpon yang tidak bertanggungjawab tersebut.

Baca: Istana Pastikan Bakal Lakukan Pergantian Menteri Dalam Waktu Dekat

Selain itu, Winaro Erwin menghimbau, agar semua perangkat desa di Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung, berhati-hati dan selalu waspada dengan penelpon yang mengatasnamakan pejabat Pemkab.

Halaman
12
Penulis: Zulkifli
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved