Kekalutan Seorang Istri Setelah Suami Meninggal, 'Keluarganya Menuntut Rumah yang Kami Tinggali'

Sifat manusia, ketika berbicara tentang uang, seperti gelap mata tidak bisa berpikir dengan baik. Lalu, ketika ada anggota

Kekalutan Seorang Istri Setelah Suami Meninggal, 'Keluarganya Menuntut Rumah yang Kami Tinggali'
Nursita Sari
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM - Sifat manusia, ketika berbicara tentang uang, seperti gelap mata tidak bisa berpikir dengan baik. Lalu, ketika ada anggota keluarga yang meninggal, tentu akan berhadapan dengan masalah pembagian harta terutama antara suami dan istri. Menurut Mazhab Shafie, pembagian warisan, harus mengikuti sistem faraid kepada ahli waris.

Tahap pertama, lunasi sisa utang aset yang dimilikinya. Misalnya, jika suami meninggalkan rumah, tanah atau mobil, sementara pinjaman bank terhadap properti ini belum selesai, utang ini harus diselesaikan terlebih dahulu.

Baca: VIDEO: Posisi Bayi Sungsang Bisa Berubah dalam 2 Menit di Tangan Dokter Ini

Pada tingkat kedua, harta yang sama akan digunakan untuk biaya pemakaman dan biaya pemakaman suami. Untuk tahap ketiga, semua tagihan harus diselesaikan.

Harta pencarian juga harus dibayarkan kewajiban utangnya kepada istri almarhum, sebelum warisan mereka dibagi menurut sistem faraid. Bagian yang akan mendapat tergantung pada kontribusi keuangan atau kekuatan bisnis yang telah diberikan dalam memperoleh properti.

Unggahan dari ahli real estate, Azizul menceritakan situasi seorang istri yang dipaksa untuk berebut harta suami yang sudah meninggal dunia bersama keluarga suaminya sendiri. Situasi ini membuat sulit bagi sang istri untuk mencari jalan keluarnya:

Berikut solusi diberikan Azizul, dikisahkan semoga itu akan bermanfaat bagi semua orang.

Pembagian Warisan Rumah

Istri ini baru saja kehilangan suaminya yang tercinta. Dia dulu bekerja, namun, demi menjaga agar kedua gadis kesayangannya ia pun berhenti bekerja sebagi perawat:

Baca: Hindari 5 Kegiatan Ini Setelah Makan, Berdampak Buruk pada Kesehatan

Baca: VIDEO: Bocah 3 Tahun Jatuh dalam Lubang Sedalam 50 Meter saat Bermain. Terperangkap 30 Jam

Dia telah memberikan RM 25k (Rp 88,5 juta) untuk membeli rumah impian keluarga karena suami tidak cukup uang untuk membelinya sendiri.

Hari ini, keluarga sang suami menuntut rumah tersebut, sementara dia sendiri sudah berhenti bekerja.

Halaman
12
Penulis: fifi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help