Tahapan Pemilu

14 Bacaleg di Muaro Jambi Gagal Ikuti Pemilu Legislatif 2019

Sebanyak 14 Bakal Calon Legislatif (bacaleg) yang mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Muarojambi gagal mengikuti

14 Bacaleg di Muaro Jambi Gagal Ikuti Pemilu Legislatif 2019
TRIBUN JAMBI/SAMSUL BAHRI
KPU Muaro Jambi 

Laporan Wartawan Tribunjambi.com Samsul Bahri

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Sebanyak 14 Bakal Calon Legislatif (bacaleg) yang mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Muarojambi gagal mengikuti pemilihan umum legislatif tahun 2019. 14 Bacaleg tersebut didiskualifikasi KPU setelah melalui rapat pleno.

Ketua KPU Kab. Muarojambi, Elfi Prasatia mengatakan, hal ini dikarenakan mereka tidak memenuhi syarat (TMS) administrasi sampai batas akhir 31 Juli.

Baca: Ribuan Siswa di Merangin Ikuti Vaksin, Ini Tanggapan Dinkes Soal Label Halal MUI

Namun, Elfi tidak menyebut masing-masing 14 nama Bacaleg yang gagal tersebut. Ia hanya menyebut Bacaleg yang TMS tersebut berasal dari partai Nasdem, Perindo, Hanura, dan PBB.

"Semua bacaleg maupun parpol sudah mengetahuinya (aturan). Tapi, mereka tidak juga melengkapi berkas persyaratan pada masa perbaikan," katanya.

Elfi mengatakan, hingga batas waktu yang telah ditentukan mereka (14 bacaleg) tidak memenuhi dan melengkapi persyaratan berkas pencalonan kepada KPU.

Ia menjelaskan bahwa Bacaleg yang didiskualifikasi rata-rata tidak memenuhi persyaratan, seperti surat keterangan kesehatan jasmani dan rohani, legalisir ijazah dan lainnya.

"Dari empat partai itu caleg yang kita dis ada yang dua, ada yang lima. Paling banyak Nasdem ada lima orang, Perindo ada 4, Hanura ada 3, dan PBB sebanyak dua orang,” jelasnya.

Baca: Warga Muara Bulian Tewas Terlindas Truk di Tebo Ilir

Baca: Dana Bos Belum Cair, Gaji Guru Honor di SMA 5 Tabjabtim Mandeg

Menurut Elfi, bacaleg yang sudah didiskualifikasi, partainya tidak bisa mengganti dengan bacaleg baru. Artinya, sudah tidak bisa diperbaiki.

“Kalau sudah TMS, mereka tidak bisa lagi perbaikan. Termasuk kalau partainya mengajukan nama baru juga tidak bisa,” katanya.

Halaman
12
Penulis: syamsul
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved