Apa yang Menarik dari Kawah Ijen Hingga Api Obor Asian Games Harus Singgah? Ini Ternyata

Minggu (22/7) dini hari, api obor Asian Games singgah di Gunung Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur.

Apa yang Menarik dari Kawah Ijen Hingga Api Obor Asian Games Harus Singgah? Ini Ternyata
(ARSIP PEMKAB BANYUWANGI)
Kawah Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur 

TRIBUNJAMBI.COM - Minggu (22/7) dini hari, api obor Asian Games singgah di Gunung Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur. Api obor Asian Games tiba di Puncak Ijen pada pukul 02.00 WIB. Api obor dibawa oleh mantan petinju nasional, Phino Bahari.

Ada keindahan tersendiri dari kawah Gunung Ijen yang terletak di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi, Jawa Timur.

Kawah Ijen sendiri merupakan salah satu obyek wisata yang diminati oleh wisatawan mancanegara maupun domestik. Blue fire, daya tarik utama Gunung Ijen merupakan semburan api berwarna biru yang berada pada ketinggian kawah sekitar 2.443 meter dari permukaan laut.

Uniknya semburan api biru di Ijen adalah satu dari dua lokasi di dunia selain Eslandia. Terdapat waktu tertentu untuk menyaksikan blue fire sekitar pukul 02.00 – 03.00 WIB. Acara perayaan api obor akan berlangsung pada waktu yang tepat untuk menyaksikan blue fire.

Bila berkunjung ke Kawah Ijen jangan lewatkan indahnya matahari terbit di Kawah Ijen. Ada transportasi unik di Gunung Ijen, yakni taksi manusia. Penumpang akan diangkut menggunakan gerobak dengan ditarik dan didorong oleh para penambang di kawasan tersebut.

Warga di sekitar kawasan Gunung Ijen juga menyediakan kopi lego, kepanjangan dari Lerek-Gombengsari dengan jenis robusta. Anda bisa menikmati dinginnya Gunung Ijen ditemani secangkir kopi lego.

Banyak homestay tersedia untuk tempat wisatawan beristirahat sembari menunggu mendaki di pagi hari. Biaya menginap berkisar dari Rp 100.000 – Rp. 500.000 per malam.

Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved