Cultural Visit Media Gathering 2018

Tangan Lihai Kaum Perempuan Menggulung Tembakau

Tangan mereka sudah sangat lihai. Rajangan tembakau yang sudah diracik dengan cengkeh diambil secuil, dimasukkan ke dalam alat

Tangan Lihai Kaum Perempuan Menggulung Tembakau
TRIBUN JAMBI/SUANG SITANGGANG
Tari Kretek, yang menggambarkan proses pembuatan sigaret kretek tangan (SKT) 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Suang Sitanggang

Semerbak aroma tembakau langsung tercium kala memasuki sebuah ruangan yang sangat luas di pabrik pembuatan sigaret kretek tangan (SKT) di Desa Karangbener, Kudus, Jawa Tengah.

Ribuan orang perempuan memadatinya, berseragam dominan biru, dilengkapi topi yang seragam pula. Mereka duduk rapi di bangku masing-masing.

Tatapannya semua ke depan, tepatnya ke arah alat pembuat rokok yang sedang digunakan. Peralatannya sangat sederhana. Ada yang memegang alat penggulung tembakau atau alat linting, dan ada alat yang memegang gunting.

Ruangan untuk memproduksi rokok kretek ini cukup luas. Bila saja tidak ada peralatan di dalamnya, sangat cukup nyaman untuk bermain sepak bola di sana.

Ada beberapa ruangan lainnya di pabrik ini, tapi tak seluas ruangan untuk memproduksi rokok tanpa filter yang diisi para perempuan tersebut.

Para perempuan itu bekerja secara tim. Ada yang bagian melinting atau menggulung tembakau ke kertas, ada yang merapikan atau disebut membatil.

Rokok yang sudah dilinting diberi ke teman di sebelahnya untuk dirapikan, dengan cara menggunting tembakau di kedua ujung rokok itu.

Tangan mereka sudah sangat lihai. Rajangan tembakau yang sudah diracik dengan cengkeh diambil secuil, dimasukkan ke dalam alat penggiling yang terbuat dari kayu.

Proses menggulung rajangan tembakau yang dilakukan di pabrik SKT milik PT Djarum di Kudus, Jawa Tengah
Proses menggulung rajangan tembakau yang dilakukan di pabrik SKT milik PT Djarum di Kudus, Jawa Tengah (TRIBUN JAMBI/SUANG SITANGGANG)

Selanjutnya diletakkan kertas rokok di bawahnya, bersamaan dengan itu sebuah tuas di bagian atas alat itu ditarik hingga ujung. Rokok sudah jadi, tapi belum rapi. Tugas teman di sebelah yang merapikan, dengan cara digunting.

Halaman
1234
Penulis: suang
Editor: suang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help