Banyak Berkas Caleg DPD Tak Dilengkapi Surat Kesehatan Jiwa, KPU Beri Waktu Hingga 19 Juli

Berkas pendaftaran calon DPD RI sampai akhir pendaftaran kemarin ternyata masih ada yang belum lengkap meski pendaftarannya diterima KPU.

Banyak Berkas Caleg DPD Tak Dilengkapi Surat Kesehatan Jiwa, KPU Beri Waktu Hingga 19 Juli
tribunjambi/hendri dede putra
Penyerahan terakhir berkas perbaikan Bakal Calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dapil Jambi ke KPU Provinsi Jambi berakhir sampai pukul 24.00 WIB, Minggu (20/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Hendri Dunan

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Berkas pendaftaran calon DPD RI sampai akhir pendaftaran kemarin ternyata masih ada yang belum lengkap meski pendaftarannya diterima KPU.

Kekurangan bakal calon DPD RI pada dokumen LHKPN, surat keterangan rumah sakit dan masih ada yang pakai Suket pengganti e-KTP.

Berdasarkan keterangan Apnizal, Komisioner KPU Provinsi pada Rabu (11/7) bahwa seluruh calon yang lolos verifikasi faktual dukungan sudah mendaftarkan diri.

Berkas yang mereka daftarkan pun diterima oleh KPU. Meski masih ada beberapa kekurangan dari beberapa calon DPD.

"Untuk berkas pendaftaran bakal calon DPD semua ada mendaftar dan kita terima. Ada yang dokumennya lengkap dan ada juga yang belum lengkap,"ungkap Apnizal.

Apnizal tidak ingin merincikan mengenai siapa caleg DPD yang syarat dokumen pendaftarannya lengkap maupun yang belum lengkap.

Namun dirinya mengungkapkan bahwa kekurangan dokumen calon DPD tersebut pada dokumen laporan LHKPN, surat keterangan rumah sakit dan surat keterangan mengenai sehat jiwa, serta masih ada calon yang mendaftar menggunakan Suket.

"Kekurangan dokumen pendaftaran calon antara lain pada dokumen LHKPN, surat keterangan rumah sakit dan kesehatan jiwa. Serta masih ada yang menggunakan Suket,"ungkap Apnizal.

Mengenai penggunaan Suket itu sendiri, dikatakannya masih ditunggu sampai e-KTP bakal calon diterbitkan oleh KPU. Namun bila sampai tanggal 21-24 Juli 2018 tidak juga diterbitkan. Maka KPU pun akan terima Suket tersebut karena juga dokumen resmi yang diterbitkan oleh pihak Dukcapil. 

Terkait dokumen lain yang belum lengkap itu ditegaskan oleh Apnizal baru bisa diperbaiki pada tanggal 19 Juli pada masa perbaikan.

Bila pun dokumen tersebut saat ini sudah dipegang dan dimiliki bakal calon, dan diserahkan ke KPU. Pihak KPU ditegaskan Apnizal tidak akan menerima.

"Kekurangan dokumen itu hanya bisa dilengkapi atau diperbaiki pada masa perbaikan. Bila di luar tahapan itu akan kami tolak atau tidak diterima,"tegas Apnizal.

Apnizal mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan prosedur sesuai tahapan yang sudah ditetapkan.

Penulis: dunan
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved