Berburu Waktu untuk Mencari Jenis Kelamin Ikan Lele

Mencari jenis kelamin ikan lele menjadi perlombaan yang meriah dalam gelaran Hari Krida Pertanian (HKP) tingkat provinsi ke 46.

Berburu Waktu untuk Mencari Jenis Kelamin Ikan Lele
Tribun Jambi/Abdullah Usman
Lomba mencari jenis kelamin lele saat acara Hari Krida Pertanian ke 46 di Batanghari 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Abdullah Usman

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BULIAN - Mencari jenis kelamin ikan lele menjadi perlombaan yang meriah dalam gelaran Hari Krida Pertanian (HKP) tingkat provinsi ke 46, takhayal aksi para peserta membuat geli para peserta yang menyaksikan.

Lomba membedakan jenis kelamin ikan lele dalam memeriahkan HKP tingkat provinsi ke- 46 dikabupaten Batanghari. Dalam lomba tersebut diikuti perwakilan para peserta HKP.

Lomba tersebut terbilang unik, dimana para peserta harus mengumpulkan sebanyak mungkin ikan lele. Namun peserta tidak hanya mengumpulkan ikan saja mereka harus memilih jenis kelamin sesuai instruksi dari panitia.

"Kali ini peserta harus memilih ikan lele berjenis kelamin laki laki, mereka yang mendapatkan jumlah tertinggi maka akan jadi pemeneang," ujar Panitia saat memberikan isntruksi pada peserta, Jumat (13/7).

Para pesertapun harus berlari dari lokasi start ke bak penampung ikan lele, setelah itu membawa ikan pilihan mereka ke sebuah ember kecil sebelum nantinya diseleksi oleh dewan juri dengan dibatasi oleh waktu.

"Kita harus bisa memilih dengan cepat dan cekatan mana jenis ikan lele yang jantan dan betina, cukup diraba, dilihat sekilas langsung diangkat," ujar Seorang Peserta kepada Tribunjambi.com

Meski demikian, banyak dari peserta lebih memilih mengambil secara acak dengan sistem menebak. Sehinga saat penilaian tidak menuntup kemungkinan ikan tersebut berjenis kelamin yang diinginkan panitia.

Dalam perlombaan tersebut Kabupaten Kerinci berhasil menjuarai perlombaan tersebut, dikuti Kabupaten Batanghari dan terakhir Kabupaten Muarojambi.

Penulis: Abdullah Usman
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved