KPU Minta Parpol Selektif Jaring Bacaleg

Hingga saat ini belum ada Partai politik di Kabupaten Merangin yang mendaftar Bakal Caleg (Bacaleg) nya ke KPU.

KPU Minta Parpol Selektif Jaring Bacaleg
TRIBUNJAMBI/ZULKIFLI
DPD PAN Tanjabtim, mendaftarkan Bacalegnya ke KPU 

Laporan Wartawan Tribunjambi, Muzakkir

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Hingga saat ini belum ada Partai politik di Kabupaten Merangin yang mendaftar Bakal Caleg (Bacaleg) nya ke KPU.

Ada pesan khusus dari KPU untuk Parpol yang ada di Merangin, terpaling penting itu terkait aturan PKPU pusat terkait larangan mantan Narapidana Korupsi untuk menjadi Caleg.

Ketua KPU Merangin Iron Syahroni mengatakan, kepada Seluruh Partai untuk benar-benar menjalankan aturan itu. Katanya, sebelum mendaftarkan dan menyerahkan berkas bacaleg ke KPU Merangin agar memperhatikan betul siapa dan apa latar belakang dari Bacaleg tersebut.

Menurut Iron, jika berkas Bacaleg yang mantan Napi koruspilsi terdaftar maka KPU akan kembalikan berkas karena tidak di bolehkan nyaleg.

Baca: Serapan Anggaran Di Pemkab Sarolangun Masih di Bawah 50 Persen

"Sebelum daftar Partai bagusnya melakukan seleksi secara selektif, terbuka dan Tranparansi agar terhindarnya Bacaleg yang pernah tersandung Hukum korupsi," ungkap Iron.

Sesuai amanah UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu pasal 247 ayat (2) berbunyi Bahwa daftar calon anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota di ajukan selambatnya 9 (sembilan) bulan sebelum hari pemungutan suara, sementara hari pelaksanaan pemungutun suara telah ditetapkan pada Rabu 17 April 2019. (*)

Penulis: muzakkir
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help