Jalur Evakuasi Kerinci Kembali Diusulkan, Rencana Membelah TNKS

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kerinci mengusulkan pembukaan jalur evakuasi kepada menteri lingkungan hidup.

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kerinci mengusulkan pembukaan jalur evakuasi kepada menteri lingkungan hidup. Diantaranya jalur evakuasi dari Renah Pemetik ke Kabupaten Bungo dan Sungai Kemumu ke Kabupaten Muko-Muko.

Hal itu diakui oleh Bupati Kerinci, Adi Rozal ditemui wartawan, kemarin. Ia mengatakan, sudah menyampaikan kepada menteri lingkungan hidup dan kehutanan dengan secara lisan saat menteri berkunjung ke Kerinci awal pekan kemarin.

“Dari penyampaiannya, menteri Siti Nurbaya merespon dengan positif,” kata Adi Rozal.

Mengenai usulan pemkab tersebut ujar Adi Rozal, Menteri akan mempertimbangkan jalur evakuasi ini. Nantinya menteri akan mengutus stafnya untuk meninjau ke lokasi jalur evakuasi tersebut.

“Mengingat jalur evakuasi ini melintasi kawasan Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS),” sebutnya.

Menurut Adirozal, jalur evakuasi ini sangat penting bagi warga Kerinci. Dikarenakan apabila terjadi bencana alam seperti Gunung Kerinci meletus, gempa atau banjir maka warga dapat  bisa langsung menyelamatkan diri.

“Jelas sangat penting, sebagai jalan evakuasi jika terjadi bencana,” ungkapnya.

Untuk diketahui, warga Kerinci sangat menginginkan adanya jalur evakuasi ini dibuka. Terlebih lagi pada tahun yang lalu, kondisi Gunung Kerinci aktivitasnya meningkat.

Bahkan Gubernur Jambi non aktif Zumi Zola juga pernah meninjau jalur evakuasi ini dan berjanji akan memperjuangkan agar jalur evakuasi ini dibuka.

Penulis: heru
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help