Di Final Piala Dunia, Kroasia adalah Negara dengan Peringkat FIFA Terendah

Saat ini, Kroasia berada di posisi ke-20 peringkat FIFA per Juni 2018. Mereka menjadi negara dengan ranking FIFA terendah di antara para semifinalis.

Di Final Piala Dunia, Kroasia adalah Negara dengan Peringkat FIFA Terendah
PIERRE-PHILIPPE MARCOU/AFP
Para pemain Timnas Kroasia merayakan kemenangan atas Rusia lewat adu penalti pada perempat final Piala Dunia 2018 di Fisht Arena, Sabtu (7/7/2018). Selanjutnya, Kroasia menantang Perancis di final, setelah di semifinal mengalahkan Inggris 2-1 

TRIBUNJAMBI.COM - Timnas Kroasia melangkah ke final Piala Dunia 2018, setelah mampu menyingkirkan Timnas Inggris di Semifinal. Padalah, Timnas Kroasia, menjadi negara dengan peringkat FIFA terendah di final Piala Dunia.

Saat ini, Kroasia berada di posisi ke-20 peringkat FIFA per Juni 2018. Mereka menjadi negara dengan ranking FIFA terendah di antara para semifinalis.

Sebagai perbandingan, Inggris yang dikalahkan mereka di semifinal saat ini berada di posisi ke-12. Belgia (3) dan Perancis (7) bahkan berada di posisi 10 besar.

Baca: Jungkalkan Inggris 2-1, Kroasia Sudah Cetak Sejarah

Selain itu, Kroasia juga menjadi negara finalis Piala Dunia dengan jumlah penduduk paling sedikit sejak Uruguay (1,9 juta jiwa) pada 1930.

Berdasarkan sensus 2017, Kroasia berpenduduk 4,2 juta jiwa dan berada di peringkat ke-129 dunia. Sebagai perbandingan, Indonesia saat ini memiliki penduduk 265 juta jiwa atau keempat terbesar di dunia.

Bagi Kroasia, keberhasilan melangkah ke final merupakan prestasi terbaik sepanjang sejarah keikutsertaan Kroasia di Piala Dunia. Bahkan, saat masih menjadi bagian dari Yugoslavia belum pernah.

Prestasi terbaik mereka adalah peringkat ketiga pada Piala Dunia 1998 di Perancis. Setelah itu, mereka kandas di fase grup dalam tiga Piala Dunia, hingga akhirnya menjadi finalis tahun ini.

Pada Piala Dunia 1998, Kroasia harus kalah dari Perancis. Dua gol Lilian Thuram membalikkan keunggulan Kroasia lewat gol Davor Suker.

"Hal itu menjadi pembahasan dalam 20 tahun terakhir. Kini, kami fokus untuk menghadapi laga final," ujar pelatih Kroasia, Zlatko Dalic, di FIFA.com.

Timnas Kroasia berhasil mengalahkan timnas Inggris dengan skor 2-1 pada babak semifinal Piala Dunia 2018 lewat babak perpanjangan waktu di Stadion Luzhniki, Rabu (11/7/2018) atau Kamis dini hari WIB.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Piala Dunia 2018, Kroasia Tantang Perancis Minggu 15 Juli

Gol Inggris dicetak Kieran Trippier pada menit ke-5. Sementara itu Kroasia mencetak gol balasan pada menit ke-68 melalui Ivan Perisic dan gol kemenangan dicetak Mario Mandzukic pada menit ke-109.

Final Piala Dunia 2018 akan berlangsung di Stadion Luzhniki. Partai Perancis vs Kroasia akan dimainkan pada pukul 22.00 WIB.(*)

Editor: budi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved