Daftar Caleg DPD RI Dapil Jambi, Sum Indra Datangi KPU Tengah Malam

Hal ini dikarenakan yang bersangkutan sedang berada di Jakarta dan baru bisa mendaftarkan diri sekira pukul 23.05 WIB ke KPU Provinsi Jambi.

Daftar Caleg DPD RI Dapil Jambi, Sum Indra Datangi KPU Tengah Malam
tribunjambi/rohmayana
Sum Indra 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Hendri Dunan

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Bakal Caleg DPD RI, Sum Indra, menjadi pendaftar terakhir ke KPU Provinsi Jambi. Sebanyak 21 bakal calon yang lolos verifikasi faktual dukungan, telah mendaftarkan diri masing-masing.

Pendaftaran Calon DPD RI yang dimulai sejak 9-11 Juli 2018 resmi ditutup pukul 24.00 WIB, oleh KPU Provinsi Jambi. Sebelum penutupan dilakukan, bakal calon DPD RI terakhir yang melakukan pendaftaran adalah Sum Indra.

Hal ini dikarenakan yang bersangkutan sedang berada di Jakarta dan baru bisa mendaftarkan diri sekira pukul 23.05 WIB ke KPU Provinsi Jambi.

Sanusi Zein, Komisioner KPU Provinsi Jambi, Rabu (11/7) kepada Tribunjambi.com mengatakan, seluruh bakal calon yang lolos verifikasi faktual dukungan telah mendaftarkan diri ke KPU. Sum Indra sebagai bakal calon DPD RI terakhir yang melakukan pendaftaran.

Baca: Pencopotan Kapolres Pangkep Ini Diiringi Isak Tangis Anggota, Ternyata Begini Sikap Sang Komandan

“Pendaftaran Bakal calon DPD RI Dapil Jambi sudah berjalan dengan baik. Terakhir pendaftaran dilakukan pada pukul 23.05 WIB,” sebut Sanusi.

Sebelumnya 9 Juli lalu, ada dua orang yang melakukan pendaftaran. Lalu keesokannya 10 Juli ada enam orang yang melakukan pendaftaran. Baru kemudian di hari terakhir pendaftaran dilakukan oleh seluruh bakal calon hingga totalnya mencapai 21 orang.

Selanjutnya pihak KPU Provinsi Jambi kata Sanusi, akan melakukan verifikasi administrasi terkait dengan syarat 21 bakal calon DPD RI Dapil Jambi, yang telah dimasukkan. Setelah itu, KPU akan melakukan pemberitahuan terhadap bakal calon mengenai syarat pendaftaran mereka untuk melakukan perbaikan bagi yang belum memenuhi syarat.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Piala Dunia 2018, Kroasia Tantang Perancis Minggu 15 Juli

Sementara itu, Ketua Bawaslu Provinsi Jambi, Asnawi, ketika di konfirmasi mengatakan pihaknya telah melakukan pengawasan terhadap pendaftaran bakal calon DPD RI ke KPU. Pihaknya mengatakan dari 21 bakal calon yang dinyatakan lolos verifikasi faktual dukungan, telah melakukan pendaftaran keseluruhannya. Pendaftaran terakhir di lakukan oleh bakal calon Sum Indra.

“Dari memperhatikan dokumen-dokumen pencalonan bakal calon. Kita menemukan beberapa kekurangan kekurangan kelengkapan dokumen. Sehingga selanjutnya kita berkoodinasi dengan KPU,” ungkap Asnawi.

Baca: Sekjen NasDem Sebut Mahfud MD Mahaguru, Ajukan Jadi Cawapres Jokowi

Sementara itu, Sum Indra dihadapan komisioner KPU mengatakan bahwa dirinya baru diberitahukan bila pendaftaran harus dilakukan sendiri. Ia mengaku baru diberitahu ketika berada di Jakarta. Sebab itulah, dirinya kembali ke Jambi. Itu pun dirinya harus mengalami keterlambatan pemberangkatan. Pesawat yang ditumpanginya diakui Sum Indra, mengalami delay selama satu jam lebih.

“Saya baru dikasih tahu harus datang sendiri ketika sudah di Jakarta. Tadi sempat delay. Mestinya berangkat jam 20.20 menjadi 21.20 WIB,” bilang Sum Indra.

Baca: Tolak Pembebasan Bersyarat, Ahok Akan Bebas Murni di 23 April 2019

Sum Indra mengaku ke Jakarta karena ingin mengajak keluarnya berlibur. Ketika itu, timnya tidak memberitahukan bahwa dirinya harus hadir. Jika ada pemberitahuan, jauh hari dirinya akan mempersiapkan hal itu.

Selanjutnya, terkait pendaftaran dirinya melalui jalur DPD RI, dirinya mengatakan bahwa memang niatnya betul betul untuk menyampaikan aspirasi masyarakat Jambi. Dan, dirinya sampai saat ini pun belum melakukan pembicaraan dengan berbagai partai, termasuk partainya PAN. (*)

Penulis: dunan
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help