Bila Jokowi Tak Pilih Cak Imin Sebagai Cawapres, Ini yang Bakal Dilakukan PKB

Wakil Sekjen PKB Jazilul Fawaid memastikan partainya tetap mengusung Presiden Joko Widodo meskipun ketua umumnya Muhaimin

Bila Jokowi Tak Pilih Cak Imin Sebagai Cawapres, Ini yang Bakal Dilakukan PKB
Tribunnews/Jeprima
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar saat menyampaikan dukungannya kepada Joko Widodo sebagai Calon Presiden di Kantor DPP PDIP Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (14/5/2014). Dalam kesempatannya Muhaimin menyampaikan dukungannya terhadap Jokowi karna Indonesia butuh sosok yang bisa mengerakkan banyak orang demi meraih kesejahteraan. 

TRIBUNJAMBI.COM - Wakil Sekjen PKB Jazilul Fawaid memastikan partainya tetap mengusung Presiden Joko Widodo meskipun ketua umumnya Muhaimin Iskandar tidak menjadi calon wakil presiden.

Hal itu disampaikan Jazilul saat ditanya apakah PKB tetap mengusung Jokowi bila Muhaimin tak dipilih sebagai cawapres.

"Ya, enggak akan angkat kaki. Tetap bersama Pak Jokowi," kata Jazilul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/7/2018).

Baca: Cantik Paripurna Ini 30 Finalis Miss Grand Indonesia, Siapa Wakil dari Daerahmu?

Baca: Jimly Ashiddiqie: Presidential Treshold Tidak Bertentangan dengan Hukum Tetapi

Baca: Sempat Alot 3.5 Tahun Kini Saham Indonesia di Freeport Telah Mencapai 51 Persen

Ia mengatakan, banyak rumor yang menyatakan PKB akan hengkang jika Muhaimin tak dipilih menjadi cawapres.

Namun, ia membantah hal tersebut. Jazilul menambahkan, PKB telah bersama Jokowi selama lima tahun di pemerintahan sehingga sudah merasa nyaman.

Ia meyakini, masih ada hal lain yang bisa dibicarakan selain cawapres dalam membangun koalisi bersama Jokowi.

"Ini kan masih mendesain, ibarat rumah didesain. Nanti misal siapa yang pintunya. Di mana kamar mandinya, kamarnya ada berapa. Yang di dalam rumah itu siapa," ujar Jazilul.

"Nah, bagi PKB itu berharap dan tentu kami tahu Pak Jokowi itu orangnya merakyat dan demokratis, pasti mendengarkan aspirasi dari teman-teman partai yang lain termasuk yang ada di dalam koalisi," lanjut dia.

PKB sebelumnya sudah mendeklarasikan dukungan terhadap Jokowi dalam Pilpres 2019.

Namun, syaratnya Cak Imin menjadi cawapres.

PKB memiliki modal yang relatif besar dalam Pilpres mendatang. Berdasarkan hasil Pemilu 2014, PKB mendapat 11.298.957 suara (9,04 persen) atau 47 kursi DPR (8,4 persen).

Meski demikian, PKB tetap tidak bisa mengusung sendiri pasangan capres-cawapres berdasarkan syarat ambang batas pencalonan presiden-wakil presiden.

Tags
Cak Imin
Editor: rida
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help