Berinovasi di Rumah Kreasi, Tempat Produksi Para Anak Berkebutuhan Khusus

Sederet prestasi ditorehkan Siti Maidina Herdiyanti, ia peraih Proyek Sosial Terbaik pada ICN Conference 2016, Universitas Prasetya Mulya.

Berinovasi di Rumah Kreasi, Tempat Produksi Para Anak Berkebutuhan Khusus
tribunjambi/darwin
Siti Maidina pendiri rumah jahit luar biasa 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Darwin Sijabat

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL - Menjadi sebuah keinginan mulia diawali ketika mengikuti kegiatan sosial, Siti Maidina mendirikan rumah kreasi bagi masyarakat berkebutuhan khusus.

Founder of Rumah Jahit Luar Biasa Kuala Tungkal memulai kegiatan sosial itu sejak 2015 akhir. Saat itu sedang mengasah kemampuan akademik di Malang.

Menggunakan modal sendiri tidak menjadi masalah, hingga akhirnya dia mendirikan rumah kreasi luar biasa sejak akhir 2017. Kreativitas mereka dirancang disebuah rumah di Jalan Siswa Ujung, Parit Dua Perumahan Permata Hijau.

Di rumah tersebut, berbagai anak yang berkebutuhan mengembangkan bakatnya sesuai dengan keinginan dan kemampuan masing-masing.

Mereka yang berkumpul sejak pukul 8.00 wib sampai 16.00 wib adalah para penyandang tunarungu, tunadaksa, tunagrahita, dan IQ rendah.

Hal itu tidak menjadi masalah bagi Dina dan temannya yang ikut berpartisipasi. Justru karena hal itu menjadi pemacu untuk menjadikan anak mempunyai kreativitas.

Sistem menjemput bola ia lakukan untuk memajukan anak disabilitas tersebut agar tidak malu mengembangkan bakat.

Berbagai kegiatan seperti menjahit, salon, bordir, kesenian dan ukir, lampion dan lainnya lahir dari tangan-tangan mereka.

Nah, sebelum memulai pengerjaan, sebagai mentor, Dina terlebih dahulu menanyakan keinginan anak ingin membuat apa.

Halaman
123
Penulis: Darwin
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help