Health and Beauty

Bagian Tubuh Ini Cerminan Usia Anda Sebenarnya

Kemajuan teknologi untuk perawatan wajah dan tubuh banyak mengecoh terkait usia seseorang. Banyak orang ingin senantiasa terlihat muda,

Bagian Tubuh Ini Cerminan Usia Anda Sebenarnya
kompas.com
Ilustrasi

TRIBUNJAMBI.COM - Kemajuan teknologi untuk perawatan wajah dan tubuh banyak mengecoh terkait usia seseorang. Banyak orang ingin senantiasa terlihat muda, dan praktik- praktik agar terlihat awet muda pun jadi serbuan konsumen.

Namun, tahukah Anda bagian tubuh satu ini tidak bisa membohongi usia si empunya. Berbagai usaha dilakukan seseorang agar terlihat lebih muda, terutama untuk kulit wajah. Pernah melihat bagaimana seorang artis yang sudah memasuki usia senja, memiliki wajah yang terlihat awet muda? Lalu perhatikan bagian tangannya. Keriput dan pembuluh darah yang tampak jelas di tangan terlihat kontras dengan kulit wajahnya yang kencang.

Baca: Benarkah Wanita Bertubuh Mungil Miliki Miss V Lebih Sempit?

Dokter Melyawati Hermawan Sp.KK dari klikdokter.com mengatakan, tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering terkena paparan sinar ultraviolet atau kontak dengan berbagai zat (kimiawi atau nonkimiawi). Tangan juga bukan area yang mudah dilindungi mengingat fungsinya pada aktivitas sehari-hari.

"Selain itu, kulit tangan biasanya tidak terlalu diperhatikan seperti kulit wajah. Karenanya, tangan menjadi salah satu bagian tubuh yang dapat mencerminkan usia Anda sesungguhnya," jelas dr. Melyawati dalam ulasan yang kembali diunggah Facebook, Selasa (10/7) pukul 18.30 WIB.

Melyawati menjelaskan tanda-tanda penuaan yang dapat terlihat pada kulit tangan. Di antaranya timbulnya bercak cokelat atau hitam, keriput, dan pembuluh darah yang terlihat lebih jelas.

"Biasanya mulai terlihat di usia 40-an, atau lebih awal bila terlalu sering terkena paparan sinar ultraviolet maupun kontak dengan berbagai zat," imbuhnya.

Baca: Keseringan Berhubungan Bikin Miss V Tak Lagi Elastis? Ini Jawaban dan Saran Dokter

Baca: 10 Cara Mudah Hindarkan Remaja dari Penyakit Jantung dan Stroke, No. 8 Mau Banget!

Lalu, adakah yang bisa dilakukan agar kulit tangan tidak mudah menua? Berikut tips diberikan Melyawati:

1. Rajin gunakan SPF lotion dan pelembap

Tidak perlu perawatan ekstra untuk tangan. Cukup dengan rajin menggunakan SPF lotion dan pelembap. Selama ini, kalau biasanya Anda hanya menggunakan SPF lotion dan pelembap untuk wajah, biasakan untuk mengaplikasikannya juga pada tangan.

Penggunaan SPF lotion dan pelembap di tangan dapat dilakukan lebih sering, karena sehari-hari frekuensi mencuci tangan pasti lebih sering dibandingkan dengan wajah. Untuk Anda yang terbiasa menyetir kendaraan atau melakukan aktivitas di luar ruangan, sering-seringlah mengoleskan SPF lotion pada area tangan.

Halaman
12
Penulis: fifi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved