Tak Repot, Bacaleg di Tanjabtim Bisa Dapatkan Surat Keterangan Sehat di RSUD Nurdin Hamzah

Bacaleg di Kabupaten Tanjung Jabung Timur kini bisa mengajukan surat keterangan kesehatan jasmani di RSUD Nurdin Hamzah.

Laporan Wartawan Tribun Jambi Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Para Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) di Kabupaten Tanjung Jabung Timur kini bisa mengajukan surat keterangan kesehatan jasmani di Rumah Sakit Umum Daerah Nurdin Hamzah, setelah KPU mengeluarkan Surat Edaran Nomor 633.

Awalnya, berdasarkan Surat Edaran KPU RI nomor 627, menyatakan persyaratan kesehatan Jasmani hanya bisa diajukan di Rumah Sakit pemerintah yang terakreditasi. Kebijakan tersebut diambi berdasarkan rakor bersama antar KPU RI dengan Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

"Jadi di situ, untuk di Jambi itu yang ada di Rumah Sakit Abdul Manaf, RSUD Raden Mattaher kemudian di Rumah Sakit Sakhnati Bungo. Yang direkomnedasikan berakreditasi dari IDI cuma itu," kata Nurkholis, pada senin (9/7).

Dilanjutkan Kholis, tetapi di dalam perjalanan ini dapat tanggapan dari semua daerah. Karena jika hanya menggunakan Rumah Sakit yang direkomendasikan IDI tersebut, kasihan bagi Bacaleg yang jauh untuk mengurus surat keterangan kesehatan Jasmaninya, sehingga terbitlah lagi Surat Edaran Nomor 633.

"Nah di 633 Itu meringankan, membolehkan mengurus surat keterangan sehat jasmani di luar rumah sakit yang terakreditasi tadi. Tapi tetap di Rumah Sakit Pemerintah sepanjang RS tersebut dapat menunjukkan lampiran hasil pemeriksaan. Nah bunyinya Surat Keterangan Sehat Jasmani beserta lampiran hasil pemeriksaan, bukan Surat Keterangan Sehat," jelas Kholis.

Selain itu di sampaikan Kholis, untuk menyamakan persepsi agar tidak lagi menjadi polemik, pihaknya telah memanggil pihak RSUD Nurdin Hamzah Tanjabtim, Pengurus Partai, dan Panwaslu terkait hal tersebut.

"Karena itu menjadi polemik kemarin beberapa hari, makanya secara teknis biar kita menyamakan persepsi dengan partai, partai tak bertanya-tanya lagi, langsung kita datangkan pihak rumah sakit, dan pihak RS Nurdin Hamzah menyatakan untuk surat keterangan jasmani di sini memenuhi," pungkas Kholis.

Sementara itu Direktur Rumah Sakit Nurdin Hamzah Tanjung Jabung Timur, Nasrul Plani saat dikonfirmasi Tribunjambi.com, membenarkan bahwa di RSUD Nurdin Hamzah bisa memenuhi permintaan pembuatan surat keterangan kesehatan jasmani yang disyaratkan KPU.

"Awalnya kan hanya ada beberapa rumah sakit berakreditasi yang direkomendasiakan, tapi belakangan dari rapat dengan KPU beberapa hari yang lalu di rumah sakit lain bisa asalakan bisa melampirkan bukti-bukti hasil pemeriksaan seperti hasil ronsen dan sebagainya," ujar Nasrul.

Dilanjutkan Nasrul, jadi Bacaleg itu mendapatakan Surat Keterangan Kesehatan Jasmani beserta berkas buti-bukti pemeriksaan.

Untuk administrasi pembayaran, Nasrul menyebutkan pihaknya menentukan berdasarkan Perda. "Kalau untuk Surat Keterangan yang dibutuhkan Bacaleg biayanya berkisar Rp 200 ribu. Tapi kalau ditambah surat Keterangan Narkoba berkisar Rp 400 ribu," Jelas Nasrul.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help