Home »

Bisnis

» Makro

Pertumbuhan BPR di Jambi Menggembirakan

Endang Nuryadin, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Jambi mengatakan, kinerja BPR Jambi tumbuh positif.

Pertumbuhan BPR di Jambi Menggembirakan
tribunjambi/fitri amalia
BPR 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Fitri Amalia

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Endang Nuryadin, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Jambi mengatakan, kinerja BPR Jambi tumbuh positif.

"Kinerja BPR perkembangannya cenderung mengalami peningkatan, aset tumbuh sebesar 10,04 persen, yaitu dari Rp791 miliar menjadi Rp 870 miliar pada akhir Mei 2018 (yoy)," ujar Endang.

Sedangkan dana pihak ketiga tumbuh sebesar 6,44 persen dari Rp588 miliar menjadi Rp626 miliar. Hal tersebut diikuti dengan pertumbuhan kredit sebesar 12,39 persen, yaitu dari Rp578 miliar menjadi Rp649 miliar pada Mei 2018 (yoy).

"Berdasarkan data tersebut kita tahu bahwa mayoritas sumber penghimpunan dana BPR berasal dari deposito yaitu sebesar Rp 497 miliar, diikuti tabungan sebesar Rp91 miliar," jelasnya.

Tetapi terlepas dari kinerja BPR yang positif, masih terdapat sejumlah tantangan yang mesti dihadapi oleh BPR, baik secara internal maupun eksternal. Dari eksternal tentu tantangan yang dihadapi adalah persaingan yang semakin meningkat dalam industri perbankan.

"Tentunya di balik tantangan yang ada masih terdapat peluang dalam bisnis, salah satunya adalah kolaborasi dengan penggunaan teknologi digital, kerjasama antara BPR dan fintech sudah mulai dapat dijajaki pengembangannya, ini untuk mendukung model bisnis masing-masing pihak, peluang ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan sistem teknologi informasi dan dapat menjaga efisiensi biaya operasional yang timbul dari pengembangan teknologi informasi," jelasnya. (*)

Tags
BPR
Penulis: fitri
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help