Warga Tiga Kecamatan Ini Alami Masalah Gizi Buruk Terbanyak

Sepanjang tahun 2017, Dinas Kesehatan Kabupaten Muarojambi mencatat ada 32 kasus balita dan anak anak pengidap gizi buruk di Kabupaten Muarojambi.

Warga Tiga Kecamatan Ini Alami Masalah Gizi Buruk Terbanyak
tribunnews.com
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Samsul Bahri

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Sepanjang tahun 2017, Dinas Kesehatan Kabupaten Muarojambi mencatat ada 32 kasus balita dan anak anak pengidap gizi buruk di Kabupaten Muarojambi.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Muarojambi, Yes Isman mengatakan, dari 32 kasus gizi buruk di Kabupaten Muarojambi, 13 penderita diantaranya disebabkan oleh penyakit. Sedangkan 19 lainnya, murni karena gizi buruk.

"Alhamdulillah 10 penderita sudah berhasil kita tangani menjadi normal kembali, dan 9 sisanya lagi kini masih dalam perbaikan gizi," ucapnya.

Ia menjelaskan bahwa untuk 13 penderita gizi buruk yang disebabkan oleh penyakit lain itu baru bisa dilakukan penyembuhan setelah penyakit tersebut disembuhkan. Menurut Isman, gizi buruk yang disebabkan oleh penyakit lebih sulit untuk disembuhkan.

"Seperti yang disebabkan oleh jantung bocor, epilepsi dan seterusnya itu, perbaikan gizinya baru bisa ditangani secara maksimal bila penyakit penyebabnya disebuhkan. Bila tidak, tidak akan bisa disembuhkan," jelasnya.

Yes Isman menambahkan, tahun 2017 tertingi banding tahun-tahun sebelumnya yang hanya ada sekitar 10 kasus. Ia juga mengatakan bahwa di setiap kecamatan di Kabupaten Muarojambi memiliki penderita gizi buruk. Sedangkan untuk wilayah dengan penderita gizi buruk tertinggi ada di tiga kecamatan.

"Gizi buruk terbanyak itu pertama di Kecamatan Sungai Gelam ada 8 kasus penderita gizi buruk, kedua di Kecamatan Kumpe Ulu 4 kasus, dan yang ketiga di Kecamatan Bahar Selatan dengan jumlah 3 kasus penderita gizi buruk," ungkapnya

Penulis: syamsul
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved