Serba serbi Pemilu

WOW! Caleg Ini Sudah Siapkan Dana Hingga Ratusan Juta untuk Beli Logistik Kampanye

Geliat para tokoh yang ingin bertarung dalam perebutan kursi legislatif saat ini mulai kelihatan. Setidaknya, mereka sudah memulainya

WOW! Caleg Ini Sudah Siapkan Dana Hingga Ratusan Juta untuk Beli Logistik Kampanye
ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Geliat para tokoh yang ingin bertarung dalam perebutan kursi legislatif saat ini mulai kelihatan. Setidaknya, mereka sudah memulainya dengan kartu nama, kalender dan souvenir lainnya.

Souvenir politik yang kerap digunakan antara lain, kartu nama, stiker, kalender maupun jam dinding. Meskipun, jumlah yang disebarkan masih cukup terbatas.

Baca: GALERI FOTO: Ketika Driver tak Punya Pilihan untuk Menolak, Karena Takut PHK Sepihak

Berikut ini pengakuan Marwan, orangtua salah satu calon legislatif yang berhasil dikonfirmasi Tribun (7/7). Marwan mengatakan, dirinya sudah menyebarkan kalender ke berbagai kalangan. Dan jumlah yang disebarkan tersebut masih sebatas gambar calon dengan nama terang dan partai.

“Baru sebatas kalender. Itupun masih terbatas. Karena nanti kalau sudah terdaftar di partai baru kita sebarkan lagi,” ungkap Marwan.

Marwan mengatakan, dirinya tidak mengandalkan penyebaran kalender atau sejenisnya untuk mendapatkan dukungan masyarakat. Hal itu diakuinya hanya sebagai pendahuluan dan pengingat saja bagi calon konstituen mereka. Selebihnya mereka lebih menekankan hubungan langsung yang dilakukan.

“Alat-alat itu hanya perantara. Biar mudah mengingat wajah dan nama. Intinya nanti kita turun lansung ke tengah masyarakat,” ucap Marwan.

Baca: Festival Olah Raga Tradisional Tingkat Nasional di Jambi, Malam Ini Dibuka Menpora

Baca: Saham PT Tiga Pilar Sejahtera Rontok, Investor yang Telan Pil Pahit. Termasuk Pedagang Sate di Bali

Marwan sendiri enggan untuk dituliskan nama anaknya yang akan ikut bertarung. Sebab, sampai saat ini mereka masih menunggu proses pendaftaran partai ke KPU. Bila sudah ditetapkan dan mendapatkan nomor urut, barulah dirinya berani dituliskan nama terang.

Untuk dana yang telah dipersiapkan untuk menyukseskan anaknya pun diakuinya sangat terbatas. Namun, nilai yang telah dipersiapkanya mencapai ratusan juta rupiah. Dana itu dititikberatkan untuk membeli logistik kampanye nantinya. Logistik kampanye itu akan mereka pesan dari luar daerah.

“Dana yang dipersiapkan mencapai ratusan juga rupiah. Itu banyak buat beli logistik kampanye dan moda transportasi bersosialisasi semata,” ungkap Marwan.

Hal senada juga diungkapkan Ansori Brata, yang mengaku Caleg Provinsi Jambi dari PKS untuk daerah pemilihan Tanjab Barat dan Tanjab Timur. Ia mengaku lebih banyak menitik beratkan meraih dukungan dengan terjun langsung bersosialisasi ke masyarakat. Meskipun lawan yang akan dihadapinya di dapil tersebut cukup kuat.

Baca: VIDEO: Bosan dengan Menu Jajanan Biasa? Yuk Coba Resep Kentang Fritters Ini

Baca: Intervensi BI Harus Terukur Merespon Beratnya Tekanan Rupiah

Baca: PAN dan PKS Usulkan Anies Baswedan Sebagai Capres, Gerindra Tetap Usung Prabowo. Ini Alasannya

“Kalau dana kampanye sangat terbatas. Makanya aku pilih terjun langsung ke masyarakat. Berkeliling dan bersosialisasi dan membaur dengan mereka,” ujar Ansori Brata.

Meski tidak ingin membocorkan modal yang dipersiapkan, Ansori mengaku persaingan di dapilnya untuk bisa dapat kursi di DPRD Provinsi tidaklah murah. Terutama pesaing dirinya merupakan tokoh-tokoh terkenal dan kemampuan finansial yang juga kuat.

Maka dari itu, dirinya mengaku lebih efektif melakukan pendekatan langsung untuk mendapatkan dukungan masyarakat.

“Untuk alat kampanye seperti stiker, kalender dan bentuk souvenir tentu kita persiapkan. Selain itu modal bersosialisasi tentu juga mesti dipersiapkan dan diperhitungkan,” kata Ansori.

Baca: Soal Mantan Napi Korupsi, Pedofilia, Narkoba Jadi Caleg - Bawaslu Jambi Tunggu Peraturan Terbaru

Baca: Heboh Biaya Mahal Tes Kesehatan Caleg, Ini Pengakuan Biaya dari Beberapa Calon

Baca: VIDEO: Pukul Proyektil Peluru dengan Palu, Letusan Terjadi di Ponpes Pemayung

Baca: Berkas Tersangka Pungli K2 Disdik Sarolangun akan Dilimpahkan Senin Besok

Penulis: dunan
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help