Home »

Jambi

» Bungo

Meninggal di Malaysia, Tarmizi TKI Bungo Dapat Perlakuan Berbeda

Tarmizi (40) adalah warga Pasar Lubuk Landai Kecamatan Tanah Sepenggal. Akhirnya mayatnya dipulangkan ke rumah keluarganya, Minggu (1/7).

Meninggal di Malaysia, Tarmizi TKI Bungo Dapat Perlakuan Berbeda
TRIBUNJAMBI/JAKA HB
Jenazah Tarmizi, TKI Malaysia asal Bungo, akhirnya bisa dipulangkan ke tanah air, setelah sempat tertahan 32 hari 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Jaka HB

TRIBUNJAMBI.COM, BUNGO - Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang sempat tertahan jenazahnya beberapa waktu lalu disebut tidak terdaftar sebagai TKI oleh Dinas Ketenagakerjaan.

Anna Lukita selaku kepala Disnarkertrans, sebagaimana langsung diakui Kepala Dinas status TKI Tarmizi ilegal. "Atau tidak terdaftar di Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (P3TKI)," katanya.

"Kami tegaskan bahwa TKI atas nama Tarmizi asal warga Pasar Lubuk Landai Kecamatan Tanah Sepenggal yang meninggal dunia di Malaysia memang ilegal dan tidak terdaftar di P3TKI," ujar Anna Lukita.

Soal lamanya mayat saat di Malaysia dan belum dijemput hingga sampai satu bulan lebih, diakui oleh Anna Lukita, karena untuk mengurus TKI ilegal tidak mudah.

"Memang pemerintah melalui Nakertrans tetap mengurus TKI kalau ada bermasalah, tapi bedanya kalau ilegal memang butuh proses beda dengan yang sudah terdaftar yang memang tanggung jawabnya jelas. Salah satunya terkait pembiayaan kalau terdaftar murni di tanggung pemerintah," jelasnya lagi.

Anna mengatakan untuk kasus Tarmizi yang statusnya ilegal, dikatakan Kepala Dinas, dibiayai pribadi, hanya saja untuk pengurusan antar negara memang dari pihak pemerintah.

Sebelumnya Tarmizi diketahui bekerja di negeri jiran Malaysia sudah 3 tahun terakhir ini. Kabarnya almarhum ini pergi bekerja sebagai penyadap karet. Dia meninggal dunia pada perkebunan di Malaysia. Mayatnya sempat berada di Malaysia setelah meninggal kurang lebih 32 hari.

Tarmizi (40) adalah warga Pasar Lubuk Landai Kecamatan Tanah Sepenggal. Akhirnya mayatnya dipulangkan ke rumah keluarganya, Minggu (1/7) sekira pukul 13:30 WIB.

Penulis: Jaka Hendra Baittri
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help