Percakapan Jokowi dengan Usman Ermulan Menarik Perhatian, Kopi Liberika 'Tampil' di ASAFF

Kopi liberika ada di sana. Dalam pembicaraan dengan Usman Ermulan, Presiden Jokowi berpesan untuk ....

Percakapan Jokowi dengan Usman Ermulan Menarik Perhatian, Kopi Liberika 'Tampil' di ASAFF
IST
Presiden Jokowi dan Usman Ermulan saat berada di ASAFF (Asian Agricultura Food and Forum). Acara itu digelar di Jakarta Convention Center, akhir bulan lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Awang Azhari

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jambi memboyong hasil produksi petani Jambi, untuk ditampilkan di ASAFF (Asian Agricultura Food and Forum). Acara itu digelar di Jakarta Convention Center, akhir bulan lalu.

Dalam kesempatan itu, HKTI Jambi yang dipimpin mantan Bupati Tanjab Barat, Usman Ermulan, menampilkan hasil pertanian. Di antaranya kopi liberika yang kini diekspor ke Florida, Amerika Serikat.

Presiden Joko Widodo yang hadir dalam kegiatan itu, sempat mengunjungi stand HKTI Jambi.

Presiden tampak dengan seksama memperhatikan semua produk yang ada di stand HKTI Jambi.

Sementara itu, Usman Ermulan menjelaskan satu per satu kepada Jokowi semua produk yang ditampilkan, terutama produk yang kini menjadi penunjang utama ekonomi masyarakat.

Dalam pembicaraan dengan Usman Ermulan, Presiden Jokowi berpesan untuk meningkatkan taraf hidup petani, jangan hanya menjual produk saja.

“Jadi Presiden berpesan harus juga ada bagian dari pendapatan produksinya. Misalnya padi, bukan dari harga padinya saja, tapi yang harus diterima petani juga adalah bagian dari keuntungan penjualan beras yang sudah di-packing,” kata Usman Ermulan, menirukan ucapan Jokowi.

Untuk itu, lanjut Usman, Presiden berpesan perlu dibentuk konsorsium di kalangan petani itu, sehingga produk dan pendapatan petani harganya sudah menjadi harga jadi yang sudah dikemas.

Baca: Saksi Sani-Izi Tolak Tandatangani Berita Acara Rapat Pleno Rekapitulasi Suara

Baca: Kritik Presiden, Fahri Hamzah Sebut Tugas Pemimpin Itu Bukan Bagi Akte dan Gunting Pita

Penulis: awang
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help