Sosok Sukses

Di Km 90 Ada Pemandangan Gunung, 'Sepeda' Antarkan Bayu Jadi Kepala Perwakilan Bank Indonesia

"Bersepeda itu juga harus tahu dulu teorinya. Kalau terlalu cepat dan terlalu kencang, juga itu akan ..."

Di Km 90 Ada Pemandangan Gunung, 'Sepeda' Antarkan Bayu Jadi Kepala Perwakilan Bank Indonesia
Tribun Jambi/Fitri Amalia
Bayu Martanto,Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Fitri Amalia

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Masa kerja selama 19 tahun dan hampir sebagian besar berada di daerah, berhasil dilalui. Pengalaman itu akhirnya menjadi bekal menjawab berbagai tantangan dan tugasnya sebagai Kepala Bank Indonesia di berbagai daerah.

Bayu Martanto, lelaki kelahiran Surakarta, 14 Maret 1972, itu mengatakan bekerja di dunia perbankan memiliki tantangan tersendiri. Terutama, saat dia menjadi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bangka Belitung.

Bayu Martanto merupakan alumni Fakultas Akutansi Universitas Sebelas Maret. Ayah dari Alvita Nariswari, Shaila Febtianti dan Indah Anggita itu memulai karier di dunia perbankan pada 1990. Hingga saat ini, Bayu menjadi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi.

"Dari dulu saya ingi kerja di perbankan, jadi sejak lulus saya fokus bagaimana bisa kerja di perbankan. Karena masa kuliah tidak dapat materi khusus mengenai perbankan, saya belajar dari membaca literatur mengenai perbankan," tutur Bayu mengenang kehidupannya.

Dia mengatakan tidak gampang melamar bekerja di perbankan, karena pada saat melamar pekerjaan, Indonesia mengalami krisis moneter.

"Banyak gak diterimanya (lamaran pekerjaan), karena krismon banyak bank yang ditutup. Lalu saya melamar ke bank sentral dan alhamdulillah diterima. Karena pengalaman wawancara sebelumnya tadi, saya jadi semakin paham apa yang diinginkan industri ini," ujar Bayu.

Kariernya berada di berbagai daerah. Setelah diterima di bank sentral dan mendapatkan pendidikan selama setahun, Bayu langsung ditugaskan di daerah Tasikmalaya selama enam tahun sebagai pengawas bank.

Dia dipindahtugaskan ke Bank Indonesia Provinsi Bengkulu selama tujuh tahun, lalu dipindahkan lagi ke Jakarta.

Pada 2014, Bayu mendapat tugas untuk membuka kantor Bank Indonesia di wilayah Bangka Belitung. Kemudian pada Januari 2018, dia ditugaskan di Provinsi Jambi hingga sekarang.

Baca: Percakapan Jokowi dengan Usman Ermulan Menarik Perhatian, Kopi Liberika Tampil di ASAFF

Baca: Ada 17 Perempuan, Pendaftaran Calon Anggota Panwaslu Capai 153 Peserta

Baca: Saksi Sani-Izi Tolak Tandatangani Berita Acara Rapat Pleno Rekapitulasi Suara

Halaman
12
Penulis: fitri
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help