Heboh Sarden Bercacing

GALERI FOTO: Malaysia Tarik Lagi 6 Produk Sarden Bercacing, 3 Produksi Dalam Negeri

Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM) masih melakukan pemeriksaan terhadap produk makanan ikan sarden dalam kaleng yang

GALERI FOTO: Malaysia Tarik Lagi 6 Produk Sarden Bercacing, 3 Produksi Dalam Negeri
Sarden Mackerel yang mengandung cacing parasit 

TRIBUNJAMBI.COM - Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM) masih melakukan pemeriksaan terhadap produk makanan ikan sarden dalam kaleng yang dipasarkan di negara itu. Pemeriksaan ini menyusul termuan cacing dalam kemasan.

Temuan cacing dalam ikan sarden kaleng lebih dahulu menghebohkan Indonesia, sehingga Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah menarik belasan merek. Apakah pemeriksaan ini masih berlanjut di Indonesia?

Melalui pengumuman KKM telah menarik kembali enam produk makanan sarden dalam kaleng dari pasaran Malaysia, menyusul penemuan kandungan cacing Filum Nematoda dari genus Anisakis spp.

sarden
sarden

Baca: Dilaporkan Nyabu di Rumahnya, Komedian Reza Bukan Ditangkap.  Begini Kronologinya

Menurut Ketua Pengarah Kesihatan, Datuk Dr Noor Hisham Abdullah, keenam-enam produk tersebut adalah Cinta, Sea Fresh, HS Brand, King Cup, Bintang dan TC Boy. Sebelum ini, KKM turut menarik balik penjualan dua produk ikan sardin import yaitu TL Tan Lung dan TLC.

Tiga diantaranya merupakan produk ikan sarden dalam kaleng keluaran dalam negeri yaitu King Cup, Bintang dan TC Boy. Sementara ikan sarden bermerek Cinta dan HS Brand diimport dari China serta Sea Fresh dari Thailand.

Terkait hal itu, KKM akan mengeluarkan tindakan tahan, uji dan lepas terhadap semua produk ikan dalam kaleng di semua pintu masuk negara.

"Tahan, Uji dan Lepas merupakan tindakan dengan cara pengambilan sampel yang akan diuji, produk-produk tersebut hanya akan dilepaskan sekiranya tidak menunjukkan efek-efek yang ditunjukkan dalam hal ini cacing Filum Nematoda dari genus Anisakis spp.

sarden
sarden

Baca: VIDEO: Seru, Marquez Juara di GP Belanda.  Berikut Urutan 20 yang Berhasil Finish

Baca: Perang Dagang AS - China, Darmin: Ini Dampak Positifnya bagi Indonesia

"Sementara untuk produk ikan dalam negeri, verifikasi di semua kilang berjalan oleh KKM," katanya.

Sekiranya ditemukan kesalahan, akan dikenakan denda tidak lebih dari RM100.000 (Rp 355 juta) atau penjara selama minimal 10 tahun atau kedua-duanya.

Sumber: KKM/Bernama

Penulis: fifi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved