Tips Ganti Cat Warna Bawaan Motor Tanpa Ubah STNK

Supaya gak repot mengurus ulang perubahan data motor di kepolisian, ternyata ada cara yang bisa dilakukan oleh pemilik

Tips Ganti Cat Warna Bawaan Motor Tanpa Ubah STNK
GridOto
Hasil pengecatan bodi motor dengan airbrush 

TRIBUNJAMBI.COM – Keterbatasan pilihan warna produk motor yang ditawarkan, membuat sebagian pemilik memutuskan untuk mengecat ulang warna motor miliknya.

Supaya gak repot mengurus ulang perubahan data motor di kepolisian, ternyata ada cara yang bisa dilakukan oleh pemilik sebelum mengecat ulang motor.

Baca: Ini Penyebab Jasad Korban KM Sinar Bangun yang Ditemukan di Dasar Danau Toba Susah Diangkat

"Kita sarankan pemilik motor untuk tetap mengikuti warna yang terdaftar di STNK. Contohnya tertulis warna merah, selama warna merahnya dominan itu aman," bilang Kurniawan, Sales Counter HPS (Honda Painting Shop) Astra Motor pada Gridoto (26/6).

Nah, kalau hanya ubah jenis cat dari hitam metalik ke doff dan ingin ada warna tambahan itu juga diperbolehkan selama warna di STNK tetap sekitar 70 persen dari keseluruhan warna motor.

"Seandainya warnanya ingin merah putih, warna kedua tidak boleh terlalu banyak diaplikasikan pada motor, untuk cat bermotif, warna bodi tetap merah namun dengan garis-garis putih tidak masalah," tambahnya.

Kemudian bagaimana jika pemilik ingin ganti warna misalnya dari silver menjadi hitam?

Baca: 2019 Empat Uang Kertas Ini Tidak Lagi Berlaku, Segera Tukarkan ke Bank Indonesia

Hal ini tetap bisa dilakukan namun dengan kondisi khusus.

"Untuk konsumen Honda Painting Shop, khusus pembelian motor baru di Astra Motor tidak perlu urus ubah warna, karena persuratan baru akan diurus oleh tim setelah warna berubah," ujar Kurniawan.

Sedangkan untuk pemilik motor yang sudah terdaftar dan ingin ganti warna berbeda dari STNK, bengkel cat hanya akan memberikan surat pengantar ganti warna dan konsumen harus mengurus sendiri ke kepolisian. (GridOto)

Editor: suci
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help