Pemkab Siapkan 1,8 Hektare untuk Pembangunan Pasar Sengeti

Selain itu, Pemda juga telah menyediakan lahan dengan luas 1,8 hektare. Lahan tersebut terletak di pasar sengeti yang saat ini masih beroperasi.

Pemkab Siapkan 1,8 Hektare untuk Pembangunan Pasar Sengeti
tribunjambi/syamsul
Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdaganga (Diskoperindag) Kabupaten Muarojambi, Nur Subiantoro 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Samsul Bahri

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Pembangunan Pasar Sengeti Kabupaten Muarojambi menggunakan Dana Tugas Pembantuan (DTP) yang diberikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Adapun dana yang dianggarakan untuk pembangunan pasar sengeti adalah Rp 6 Miliar rupiah.

Selain itu, Pemerintah Daerah (Pemda) juga telah menyediakan lahan dengan luas 1,8 hektare. Lahan tersebut terletak di pasar sengeti yang saat ini masih beroperasi.

Pembangunan Pasar Sengeti dengan tipe C ini harus sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Perdagangan RI. Adapun Pasar tipe C memiliki 21 Kios, kemudian ada 200 los atau lapak pedagang.

Pasar Sengeti, belum lama ini
Pasar Sengeti, belum lama ini (TRIBUNJAMBI/SAMSUL BAHRI)

"Pembangunan ini harus sesuai dengan aturan yang telah di tetapkan kementerian perdagangan. Ada tipe A, B, C, dan D, nah untuk pasar sengeti kita diberikan dana TP untuk tipe C," jelas Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Muarojambi, Nur Subiantoro, Selasa (26/6).

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa untuk Pasar Sengeti itu standarnya tipe C dengan anggaran Rp 6 miliar rupiah. Ia katakan bahwa secara rinci adalah Rp 5,7 miliar rupiah, karena yang Rp 300 juta untuk perencanaan ,pengawasan, registrasi dan lainnya.

Terkait dengan kesidaan prasarana dan saran lainnya termasuk tempat parkir, Ia mengatakan bahwa dana tersebut tidak termasuk dengan pembangunan itu. Maka dengan itu, pihaknya akan membangun sarana dan prasarana melalui dana APBD.

"Kita dorong melalui APBD, karena dana pusat ini hanya diperuntukkan untuk bangunan fisik pasar secara utuh. Nanti saya punya angan-angan untuk bangun gapura masuk dan keluar, kemudian ada Informasi harga kebutuhan pokok," harapnya

"Dan saya udah sampaikan hal itu kepada Ibu Bupati, dan alhamdulillah Ibu Bupati mensuport hal itu," tambahnya. (*)

Penulis: syamsul
Editor: budi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help