Kuliner

GALERI FOTO: Segarnya Iga Lempah Kuning di Sang Pisang Jambi, Jadi Energi Melanjutkan Hari

Orang Bangka tentu tidak asing lagi dengan lempah kuning yang merupakan makanan khas daerahnya. Namun dimana kita

GALERI FOTO: Segarnya Iga Lempah Kuning di Sang Pisang Jambi, Jadi Energi Melanjutkan Hari
TRIBUN JAMBI/NURLAILIS

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Nurlailis

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Orang Bangka tentu tidak asing lagi dengan lempah kuning yang merupakan makanan khas daerahnya. Namun dimana kita bisa menemukan makanan ini di Jambi?

Ternyata lempah kuning sekarang bisa Anda rasakan di Sang Pisang Jambi. Jangan salah kaprah terlebih dulu, sang pisang memang menjual makanan khusus pisang. Selain itu ada juga menu makanan berat lainnya, satu diantaranya adalah iga lempah kuning.

22062018_Nasi ayam
(TRIBUN JAMBI/NURLAILIS)

Baca: Internona Jambi: Meski Ia Hengkang Pun Saya Keterusan Cinta

Lempah kuning ini makanan yang populer dari daerah yang terkenal dengan penghasil timahnya. Sama halnya dengan timah, lempah kuning juga menjadi identitas dari Pulau Bangka.

Siang itu Tribunjambi.com berkesempatan untuk mencoba iga lempah kuning di Sang Pisang Jambi. Menu ini tampak seperti gulai namun setelah dirasa ternyata berbeda. Lempah kuning memiliki ciri khas aroma yang menyedapkan.

Siang yang panas di Jambi dipadukan dengan lempah kuning yang segar jadi pengisi energi untuk melanjutkan hari. Menu ini berisikan dua iga sapi, dan tidak lupa taburan daun bawang. Ada juga sambal hijau dan tomat segar yang menemani terpisah bersama nasi.

Lempah merupakan istilah Bangka yang berarti masakan. Disebut lempah kuning karena memang berwarna kuning. Hal ini tampak jelas saat bercampur dengan nasi. Tentu saja warna kuning ini didapat dari kunyit dalam bumbunya.

Nasi plus iga lempah kuning.
Nasi plus iga lempah kuning. (TRIBUN JAMBI/NURLAILIS)

Baca: Komunitas Inter Club Indonesia Jambi - Miliki Id Inter Club Sama dengan Membantu Inter Milan

Baca: Komunitas Inter Club Indonesia Jambi - Dari Kegiatan Olahraga Hingga Sosial Dilakoni 

Sebenarnya lempah kuning ini biasanya berisikan ikan, karena di Bangka ikan menjadi sajian utama. Namun seiring berjalannya waktu lempah kuning ini juga ada yang berisikan iga. Seperti yang disajikan di sang pisang Jambi.

Selain lempah kuning yang menjadi favorit lain di sang pisang Jambi adalah nasi ayam bumbu Bali. Sekilas ayam ini tidak beda dengan ayam sambal, namun nyatanya ayam ini dilumuri bumbu khas bali yang rasanya agak pedas. Menu ini juga cocok untuk jadi menu makan siangmu.

Area manager Jambi, Jhony Luo mengatakan untuk menu selain yang khas dari sang pisang ini bisa jadi menu alternatif bagi pengunjung. “Bagi yang ingin makan berat, yang ingin punya pilihan tempat berkumpul baru bisa datang ke Sang Pisang Jambi karena menu yang tersedia bukan hanya pisang saja,” ungkapnya kepada tribunjambi.com

Harga dari nasi daging iga lempah kuning ini adalah Rp 35 ribu. Selain dari menu pisang sendiri di sang pisang Jambi ada menu lain seperti varian indomie, nasi goreng, mie tek tek, ayam dabu-dabu, ayam bumbu bali, ayam taliwang dan lain sebagainya.

Sang pisang Jambi beralamat di jalan Kol. Abunjani Nomor 39 Tugu Juang Kota Jambi. Buka dari pukul 10 pagi hingga 10 malam.

Baca: Inilah 5 Tips Menghias Ruangan Sempit Jadi Terlihat Luas

Baca: 9 Kebiasaan Ini Bikin Risiko Hipertensi Meningkat, Ayo Perbaiki Gaya Hidup Anda!

Baca: Apa Dampak pada Suami Jika Istri Sering Menolak Berhubungan?

Penulis: Nurlailis
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help