Selamat Merayakan Idul Fitri, Ingat! Tetap Jaga Kesehatan dengan Batasi Makanan-makanan Ini

Menjelang Idul Fitri, beraneka perayaan diadakan masyarakat, khususnya yang beragama Islam

Selamat Merayakan Idul Fitri, Ingat! Tetap Jaga Kesehatan dengan Batasi Makanan-makanan Ini
suka-suka.web.id
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Mareza Sutan A J

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Menjelang Idul Fitri, beraneka perayaan diadakan masyarakat, khususnya yang beragama Islam. Namun, ada yang perlu Anda perhatikan dalam menikmati perayaan Idul Fitri, lho!

Satu di antara yang mesti menjadi perhatian adalah konsumsi. Seperti yang disampaikan Ketua Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Jambi, Helfiyan Anmum, Kamis (14/6/18).

"Hari Lebaran identik dengan makanan yang enak-enak, kue enak, minuman yang segar. Banyak masyarakat yang menyediakan makanan favorit yang disukai. Inilah Hari Kemenangan. Semoga kita semua dapat menikmatinya," katanya.

Namun, ternyata ada yang mesti diperhatikan lebih dari sekadar rasa makanan yang Anda konsumsi. Sebab, seringkali orang mengonsumsi makanan dan minuman saat Lebaran dengan berlebihan.

"Perlu diingat dan diwaspadai, makanan yang enak-enak dan manis, identik dengan tinggi lemak, tinggi gula dan tinggi garam," katanya.

Menurutnya, bagi yang tidak memiliki masalah dengan kesehatan, tidak perlu terlalu ambil pusing dengan hidangan Hari Raya. Tapi, bagi Anda yang punya masalah, mestinya mulai memperhatikan kesehatan sejak kini.

"Bagi yang tidak bermasalah dengan kesehatan, boleh mengonsumsi makanan enak dimaksud asalkan terukur dan tidak menimbulkan masalah bagi kesehatan. Namun, bagi yang bermasalah, mestinya hati-hati," jelasnya.

Menurutnya, mengonsumsi makanan pada Hari Raya mestinya tidak terlalu berlebihan.

"Seperti cake, kue2 kering, rendang, gulai opor, gulai kari, sop daging, sate, lemang, dodol, tape, minuman bersoda, dan lain-lain," imbuhnya.

Dicontohkannya, seperti 1 - 2 potong kue cake, 2 - 3 potomh kue kering 3 - 4 buah kue kering, gulai rendang, opor ayam 1 - 2 potong saat hari lebaran mungkin belum berdampak bagi kesehatan. Namun, bagi yang bermasalah dengan kesehatan, tentu menjadi hal yang mesti diwaspadai.

"Untuk diingat, bagi penderita kencing manis, hiperkoleterolemia, hipertensi, asam urat, penyakit mag untuk mewaspadai makanan tersebut, agar penyakitnya tidak kambuh. Boleh mencicipi makanan tersebut, tapi dalam jumlah terbatas dan terukur. Tetapi kalau penyakitnya berat, sebaiknya dihindari. Jangan lupa minum obat bagi penderita diabetes, darah tinggi, asam urat, jatung, dan mag," terangnya. (cre)

Penulis: Mareza
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help