Puskesmas dan RSUD di Sarolangun Tetap Stand By Selama Lebaran

Pemerintah Kabupaten Sarolangun memastikan bahwa selama libur Lebaran, Puskesmas dengan layanan rawat inap

Puskesmas dan RSUD di Sarolangun Tetap Stand By Selama Lebaran
tribunjambi/wahyu herliyanto
Kepala Dinas Kesehatan Sarolangun Adnan 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Wahyu Herliyanto

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Untuk memberikan pelayanan maksimal pada masyarakat, Pemerintah Kabupaten Sarolangun memastikan bahwa selama libur Lebaran, Puskesmas dengan layanan rawat inap yang memiliki Unit Gawat Darurat (UGD) akan tetap buka.

Hal itu disampaikan Bupati Sarolangun Cek Endra, dia meminta agar puskesmas di Kabupaten Sarolangun untuk siaga selama 24 jam, apalagi yang berada di jalur arus mudik Lebaran 2018

“Puskesmas harus siaga penuh selama 24 jam guna mengantisipasi tingginya kecelakaan lalu lintas selama musim Lebaran," katanya

Diirinya juga telah meminta seluruh kepala puskesmas agar tetap buka demi memaksimalkan pelayanan. "Kami minta tetap buka meski libur Lebaran demi memaksimalkan pelayanan bagi warga yang menderita sakit," ujarnya.

Bupati menambahkan, kebutuhan pelayanan medis tidak mengenal waktu dan tempat. "Meskipun dalam suasana libur perayaan Lebaran, para tenaga medis yang bernaung dibawah Dinas Kesehatan dan RSUD Sarolangun diminta untuk terus siaga memberikan pelayanan," tutupnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Sarolangun Adnan mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan UGD yang akan menangani kedaruratan. Sebab,suatu kejadian yang berdampak pada kesehatan tidak pernah terduga datangnya, sehingga perlu selalu disiagakan. ”Puskesmas layanan rawat inap yang memiliki UGD harus siaga, selama libur lebaran tetap akan kita siagakan. Karena ini merupakan layanan publik yang tidak boleh tutup.Kalau rawat jalan memang pada tanggal merah itu tutup,” ucapnya

Penyiagaan layanan kesehatan juga akan diberlakukan di puskesmas luar kota Sarolangun.Sebab, pada dasarnya, puskesmas di luar kota sudah memiliki IGD. Sehingga pelayanannya harus tetap aktif.

”Puskesmas di luar kota sekarang ada IGD-nya, sehingga kita perintahkan agar IGDnya siaga. Jadi jika ada kejadian-kejadian yang bersifat kegawatan atau masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan, tetap bisa kami layani,” pungkasnya.

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help