Khawatir Daging Ayam Hilang Dipasaran, Pemda Batanghari Minta Kerjasama Sentra Ayam

Kita berharap ada kepedulian mereka terhadap mengedrop ayam tersebut untuk khusus kebutuhan Batanghari," tuturnya.

Khawatir Daging Ayam Hilang Dipasaran, Pemda Batanghari Minta Kerjasama Sentra Ayam
TRIBUNJAMBI/CHAIRUL NISYAH
Warga berbelanja ayam di Pasar Talang Banjar, Kota Jambi, Jumat (4/5/2018) 

Laporan wartawan Tribun Jambi, Abdullah Usman

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BULIAN - Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Batanghari, meminta kepada mitra sentra ayam di Batanghari dapat bekerja sama dengan pemda.

Itu dilakukan untuk mengantisipasi kelangkaan ayam dihari raya.

Sekretaris Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Batanghari, Nurdin Sitanggang kepada tribunjambi.com mengatakan, mendekati hari raya Idul Fitri tahun ini, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan dan atisipasi untuk menghindari terjadinya kelangkaan daging terutama untuk ayam.

Baca: Daging Ayam Tembus Rp 45 Ribu/Kg di Merangin, Ini Harga Kebutuhan Pokok Lainnya

"Yang menjadi kekuatiran kita saat ini bukan pada daging sapi melainkan pada ayam. Terutama jelang lebaran ini bisa saja ayam hilang dipasaran," kata Nuridn, saat ditemui tribunjambi.com di ruang kerjanya belum lama ini.

Dijelaskannya pula, untuk ayam ini memang kita akui sangat sulit bagi kota untuk memproteksi. Sebab, ayam-ayam potong yang ada saat ini, mereka memiliki bos-bos masing masing. Sehingga merekalah yang mengatur pemasaran ayam tersebut.

"Di Batanghari ada lima orang bermitra dengan pemda. Dan, kita sudah sampaikan kepada mereka ketika permintaan ayam meningkat nanti bukan hanya di Batanghari. Kita berharap ada kepedulian mereka terhadap mengedrop ayam tersebut untuk khusus kebutuhan Batanghari," tuturnya.

Baca: Dishub Merangin Lakukan Tes Urine Acak ke Sopir, Kalau Positif Tak Boleh Kendarai

"Kita meminta bantulah sehingga ayam-ayam tersebut tidak diekspor ke Jambi semua. Pasok jugalah untuk pasar lokal di Batanghari. Jadi, ayam di sini lebaran nanti aman," bilang Nurdin Sitanggang, kepada tribunjambi.com

Mengingat ayam ini paling banyak diminati, dijumpai, dan banyak dikonsumsi masyarakat. Dari berbagai kalangan pula, terlebih pada hari lebaran nanti tidak semua masyarakat membeli daging dan ada pula daging ayam menjadi selingan untuk jamuan keluarga dihari raya.

"Intinya kita akan upayakan dan usahakan sebisa mungkin sehingga pasokan daging ayam dipasaran dihari idulfitri nanti tetap aman," tegasnya. (*)

Penulis: Abdullah Usman
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help