Ini Peraturan Baru dari FIFA Tentang Offside yang Akan Diterapkan di Piala Dunia 2018

"Jika Anda melihat beberapa asisten wasit tidak mengibarkan bendera, itu bukan karena dia membuat kesalahan," kata Collina,

Ini Peraturan Baru dari FIFA Tentang Offside yang Akan Diterapkan di Piala Dunia 2018
Pierluigi Collina 

TRIBUNJAMBI.COM - Pierluigi Collina, Ketua Komite Wasit FIFA, mengungkapkan adanya peraturan baru tentang offside.

Pria yang dikenal tegas saat memimpin jalannya pertandingan itu mengatakan, hakim garis atau asisten wasit tidak diperbolehkan mengangkat bendera offside jika situasinya ketat atau 50:50.

Jika bendera diangkat, wasit utama akan memberhentikan jalannya pertandingan, sehingga menghilangkan peluang kemungkinan terciptanya gol oleh tim yang menyerang.

Baca: 2 Pemain Juventus Ini Hanya Jadi Penghangat Bangku Cadangan di Piala Dunia Rusia 2018

Sedangkan kalau gol tersebut menuai kontroversi karena posisi offside, wasit dapat melakukan pengecekan atau peninjauan dengan menggunakan Video Assistant Referee (VAR).

"Jika Anda melihat beberapa asisten wasit tidak mengibarkan bendera, itu bukan karena dia membuat kesalahan," kata Collina, Selasa (12/6/2018) sebagaimana dilansir dari Skysports.

"Itu karena dia menghormati instruksi untuk menahan bendera."

Baca: Jadwal Siaran Langsung Piala Dunia 2018 pada Kamis dan Jumat, Catat!

"Mereka diberitahu untuk menjaga bendera ketika ada insiden offside yang ketat dan mungkin ada serangan yang sangat menjanjikan atau peluang mencetak gol, karena jika asisten wasit mengangkat bendera, maka semuanya selesai."

"Jika asisten wasit terus menurunkan bendera dan permainan terus berlanjut dan mungkin terjadi goal, ada peluang untuk meninjau ulang gol menggunakan teknologi."

"Ini tidak seperti menonton pertandingan di sofa sambil minum kopi. Ini sangat menegangkan," kata Collina, yang menjadi wasit pada final Piala Dunia 2002 antara Brasil dan Jerman.

Editor: budi
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help