DLH Kota Jambi Bentuk Tim Atasi Sampah yang Meningkat 40%, Titik-titik Ini Jadi Sumbernya

Kenaikan volume sampah menjelang lebaran mencapai 30 hingga 40 persen dibandingkan diawal Ramadan lalu.

DLH Kota Jambi Bentuk Tim Atasi Sampah yang Meningkat 40%, Titik-titik Ini Jadi Sumbernya
Tribun Jambi
Tumpukan sampah di Pasar Angso Duo. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Rohmayana

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI -Kenaikan volume sampah menjelang lebaran mencapai 30 hingga 40 persen dibandingkan diawal Ramadan lalu. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi, Ardi mengatakan bahwa pada H-2 hingga H-1, diprediksi kenaikan volem sampah mencapai 40 persen.

“Penumpukan terutama terjadi di beberapa titik di kawasan pasar seperti Angso Duo, Talang Banjar, gang Siku dan beberapa titik yang saat ini digelar pasar bedug,” bebernya.

Untuk mengatasi penumpukan sampah menjelang dan pada saat lebaran, Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi sudah membentuk tim penanganan sampah.

Tim ini akan bekerja pada H-1, malam takbiran hingga setelah salat Idul Fitri. Sebab, dimoment tersebutlah penumpukan sampah kerap terjadi.

“Kita sudah bentuk tim. Ada tiga tim. Pada sore hari H-1 kita kerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang menumpuk di pasar. Lalu malam takbirannya kita kerahkan juga petugas yang stand by hingga pukul 00.00 dilanjutkan pada pagi hari di hari lebaran, kita stand by kan petugas yang membersihkan sampah yang kerap menumpuk setelah salat Ied,” bebernya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Farti Suandri, Kepala Dinas PUPR Kota Jambi dimana untuk pengangkutan sampah, tim petugas dibawah Dinas PUPR sudah stand by. Baik pada sore menjelang malam takbiran, saat malam takbiran dan pada hari pertama lebaran.

“Kita sudah siapkan petugas yang piket mengangkat sampah dari TPS. Mereka akan tetap melakukan pengangkatan sampah ke TPA. Sehingga tidak akan terjadi penumpukan sampah menjelang dan pada saat lebaran nanti,” bebernya.

Dirinya juga meminta kepada Pedagang Kaki Lima (PKL) untuk sudah membersihkan dagangan mereka pada pukul 00.00 saat malam takbiran.

“Sehingga setelah pukul 00.00. pihak tim kebersihan bisa membersihkan ruas jalan di Kota Jambi,”ujarnya.

Penulis: Rohmayana
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help