Suster dan Anak Muda Gereja Santa Maria Bersihkan Lapangan untuk Salat Idul Fitri, Indahnya

Kabar sejuk kerukunan umat beragama tersiar dari daerah di wilayah Sumatera Selatan itu....

Suster dan Anak Muda Gereja Santa Maria Bersihkan Lapangan untuk Salat Idul Fitri, Indahnya
Suster M Ambrosia, FCh, dan anak muda di Tugumulyo, Musi Rawas, Sumatera Selatan, membersihkan Lapangan G1 Mataram, Senin (11/6). Lapangan itu akan digunakan untuk Salat Idul Fitri. (facebook/yohanesigit) 

TRIBUNJAMBI.COM - Terlihat wajah-wajah ceria dalam beberapa foto yang diunggah di facebook oleh seorang rohaniawan. Belasan anak muda memotong rumput di lapangan, termasuk di antaranya seorang biarawati Katolik yang berbaju putih dan merah hati.

Foto-foto itu diunggah akun facebook Pastor Yohanes Sigit, SCJ, Pastor Paroki Santa Maria, Tugumulyo, Musi Rawas, Sumatera Selatan.

"OMK dan umat Paroki St. Maria Tugumulyo membantu persiapan tempat Sholat 'ied bagi saudara-saudari umat muslim di lapangan G1 Mataram... Kita bersaudara, kita Indonesia" tulis akun Yohanes Sigit dalam caption foto postingannya pada Senin (11/6) sekira pukul 12.00.

Kabar sejuk kerukunan umat beragama ituersiar dari daerah di Sumatera Selatan itu.

Anggota Orang Muda Katolik (OMK) gereja setempat membersihkan Lapangan G1 Mataram, yang akan digunakan untuk Salat Idul Fitri beberapa hari lagi. Dari pagi sampai siang, para anak muda Katolik yang dibantu beberapa orang tua dan suster itu membersihkan lapangan, supaya nyaman digunakan untuk Salad Ied untuk umat Islam.

Suster M. Ambrosia, FCh, dan anak muda di Tugumulyo, Musi Rawas, Sumatera Selatan, membersihkan Lapangan G1 Mataram, Senin (11/6). Lapangan itu akan digunakan untuk Salat Idul Fitri.  (facebokk/yohanessigit)
Suster M. Ambrosia, FCh, dan anak muda di Tugumulyo, Musi Rawas, Sumatera Selatan, membersihkan Lapangan G1 Mataram, Senin (11/6). Lapangan itu akan digunakan untuk Salat Idul Fitri. (facebokk/yohanessigit) ()

"Tadi itu kerja bakti bersihkan lapangan yang mau dipakai untuk Salat Ied besok. Kerja bakti di Lapangan G1 Mataram," tutur Pastor Yohanes Sigit kepada tribunjambi.com, Senin (1/6).

"Sudah tiga tahun ini kebiasaan saling membantu dalam hari raya keagamaan di Desa G1 Mataram berjalan dengan baik. Kerukuran umat beragama di sini jos gandhos pokoknya. Hehehe," katanya.

Ternyata, kebiasaan saling membantu antarumat beragama itu, sudah menjadi kebiasaan sejak lama di Tugumulyo.

Suster M. Ambrosia, FCh, dan anak muda di Tugumulyo, Musi Rawas, Sumatera Selatan, membersihkan Lapangan G1 Mataram, Senin (11/6). Lapangan itu akan digunakan untuk Salat Idul Fitri.  (facebook/yohanesigit)
Pastor Sigit dan anak muda di Tugumulyo, Musi Rawas, Sumatera Selatan, membersihkan Lapangan G1 Mataram, Senin (11/6). Lapangan itu akan digunakan untuk Salat Idul Fitri. (facebook/yohanesigit) ()

Pastor Sigit, panggilan akrabnya, menuturkan saat Hari Raya Natal atau Paskah, umat Islam datang membantu persiapan di lingkungan gereja. Mereka gotong royong membersihkan lingkungan gereja.

"Kalau pas Natal atau Paskah, ganti saudara-saudara beragama Islam datang ikut mempersiapkan. Gotong royong bersih-bersih lingkungan gereja. Malam Natal, pemuda pemudi dan umat Muslim ikut berjaga keamanan atau parkir," tuturnya.

Suster M. Ambrosia, FCh, dan anak muda di Tugumulyo, Musi Rawas, Sumatera Selatan, membersihkan Lapangan G1 Mataram, Senin (11/6). Lapangan itu akan digunakan untuk Salat Idul Fitri.  (facebook/yohanesigit)
Suster M. Ambrosia, FCh, dan anak muda di Tugumulyo, Musi Rawas, Sumatera Selatan, membersihkan Lapangan G1 Mataram, Senin (11/6). Lapangan itu akan digunakan untuk Salat Idul Fitri. (facebook/yohanesigit) ()

Pastor berkacamata itu menuturkan hubungan warga desa dan umat beragama sangat erat. Itu terlihat saat Natal misalnya, kepala desa dan perangkatnya hadir, ikut membantu menjaga keamanan. Sebaliknya, saat Idul Fitri, gantian umat Katolik membantu.

"Demikian juga pada saat Idul Fitri, kami gantian yang jaga parkir dan keamanan saat Salat Ied," ujarnya.

Menariknya, ada pemandangan menyejukkan usai Salat Ied. Para rama (pastor), tokoh umat beragama, suster, berbaris berjajar. Mereka menyalami umat Islam sehabis salat untuk mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri.

"Ini sejuk kan," tutur Pastor Sigit.

Paroki Santa Maria Tugumulyo terletak di Musi Rawas Sumatera Selatan. Tercatat, Gereja Santa Maria itu sudah berdiri sejak 1 Februari 1952.

Penulis: duanto
Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help