Jelang Lebaran

Permintaan Uang Tunai Naik, BI Siap Tambah Pasokan

Permintaan uang tunai untuk perayaan Lebaran pada tahun ini naik tinggi. Seminggu sebelum Lebaran, semua uang tunai yang disiapkan

Permintaan Uang Tunai Naik, BI Siap Tambah Pasokan
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Permintaan uang tunai untuk perayaan Lebaran pada tahun ini naik tinggi. Seminggu sebelum Lebaran, semua uang tunai yang disiapkan oleh Bank Indonesia (BI) hampir habis diserap masyarakat.

Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi mengatakan, berdasarkan pantauan hingga Jumat (8/6) siang atau H-7 Lebaran, jumlah uang tunai yang telah ditukarkan masyarakat mencapai Rp 187,8 triliun. Jumlah itu setara dengan 99,8% dari Rp 188,2 triliun yang disiapkan BI.

Baca: TANYA USTAZ:  Kapan Waktu yang Tepat Untuk Mandi Junub?

Padahal persiapan uang tunai yang disiapkan BI pada tahun ini meningkat 15,3% dibandingkan tahun lalu yang sebesar Rp 163,2 triliun. Tingginya permintaan uang tunai Lebaran kali ini didorong oleh pemberian THR bagi PNS dan pensiunan.

"Sampai siang ini sudah Rp 187,8 triliun, sebanyak 22,8% diperuntukkan bagi masyarakat di Jabodetabek," jelas Rosmaya di Gedung BI, Jakarta, Jumat (8/6).

BI memastikan pasokan uang tunai untuk perayaan Lebaran akan mencukupi. BI pun siap menambah persediaan uang tunai bagi masyarakat. "BI memastikan kebutuhan uang khususnya menjelang dan selama Lebaran cukup dan berjalan lancar, termasuk uang receh," ujar Rosmaya.

Baca: Kecuali Angkutan Udara, Kemenhub: Belum Ada Lonjakan Pemudik pada H-7 dan H-6 Lebaran

Baca: Hanya Tinggal Sandal dan Alat Pancing, Warga Kenali Asam Diduga Tenggelam di Sungai Batanghari

Editor: fifi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help